Bukan Lagu: Kupu-kupu yang Lucu, Mengapa Engkau pergi?

Penulis : Kennial Laia

Spesies

Minggu, 10 Maret 2024

Editor : Yosep Suprayogi

BETAHITA.ID -  Perubahan iklim telah memaksa satwa untuk menyesuaikan diri dengan kenaikan suhu dan dampaknya terhadap ekosistem. Namun layaknya kompetisi, pasti ada yang menang dan tersingkir. Dalam hal kupu-kupu, beberapa spesies tampaknya berhasil dengan baik. Tetapi tidak dengan lainnya. 

Kupu-kupu brown hairstreak, misalnya, dilaporkan berkembang dengan baik di populasi London, sedangkan populasi di Inggris stabil sejak 1980-an. Sementara itu, kupu-kupu koma memiliki perluasan jangkauan sebesar 94% sejak 1970-an, dan kini menjadi pemandangan umum di Inggris, Skotlandia, dan Wales bagian selatan.

Namun berita yang menggembirakan ini menutupi penderitaan 57 spesies kupu-kupu lainnya yang berkembang biak di Inggris. Laporan Konservasi Kupu-kupu pada tahun 2022 memberikan gambaran yang suram. Sejak tahun 1980-an, 80% spesies kupu-kupu mengalami penurunan jumlah, penyebaran, atau keduanya.

Hal serupa terjadi pada ngengat, sepupu dekat kupu-kupu, yang mengalami penurunan kelimpahan makromoth (ngengat yang lebih besar) sebesar 33% selama 50 tahun terakhir. Delapan spesies kupu-kupu Inggris terdaftar sebagai spesies yang terancam punah dan 16 spesies lainnya termasuk dalam kategori rentan.

Perubahan iklim berdampak langsung pada distribusi kupu-kupu, yang pada akhirnya berpengaruh pada ekologi. Dok Butterfly Conservation

Menurut pengamatan Butterfly Conservation, ilmu pengetahuan warga atau citizen science menyediakan data tentang bagaimana perubahan jumlah dan distribusi kupu-kupu sejak 1970-an, dan menyoroti apa saja hal yang menyebabkan beberapa spesies kupu-kupu menurun sementara spesies kupu-kupu lainnya berkembang.

Hanya 29 spesies yang masuk dalam kategori paling tidak memprihatinkan. Jadi, meskipun ada beberapa pemenang, ada banyak jenis kupu-kupu dan ngengat yang jelas-jelas berjuang untuk bertahan hidup dalam perubahan iklim saat ini.

Djunijanti Peggie, dari Museum Zoologi Bogor, Pusat Riset Biosistematika dan Evolusi BRIN, mengatakan bahwa ada kaitan antara perubahan iklim terhadap ritme aktivitas kupu-kupu, termasuk di Indonesia. Seperti diketahui, dari 17.500 spesies di seluruh dunia, 2.500 diantaranya teridentifikasi di Indonesia. Pemerintah juga memberikan status hewan dilindungi kepada 25 spesies kupu-kupu, dan masih banyak yang berstatus terancam punah. 

Namun saat ini ada kesulitan untuk mengidentifikasi sejauh mana pemanasan global memengaruhi populasi maupun siklus hidup satwa tersebut. 

"Kami belum memiliki data ilmiah untuk konfirmasi (keterkaitan) ini. Hanya sekedar terjadi pergeseran musim terbang mungkin ya," kata Peggie kepada redaksi, Senin, 4 Maret 2024. 

Menurut pengamatan Butterfly Conservation, ilmu pengetahuan warga (citizen science) menyediakan data tentang bagaimana perubahan jumlah dan distribusi kupu-kupu sejak 1970-an, dan menyoroti apa saja hal yang menyebabkan beberapa spesies kupu-kupu menurun dan lainnya berkembang.

1. Kupu-kupu itu pemilih soal makanan 

Seperti separuh spesies kupu-kupu di Inggris, fritillary coklat tinggi adalah spesies kupu-kupu spesialis. Sebagai ulat, ia hanya bergantung pada satu atau beberapa tanaman untuk menggerakkan pertumbuhannya. Fritillary coklat tinggi bergantung pada bunga violet, yang sebagian besar ditemukan di hutan lebat dan di lereng yang bermandikan sinar matahari. Penebangan adalah metode pengelolaan hutan tradisional, yang melibatkan penebangan pohon hingga tunggulnya untuk menjaga hutan dan mendorong pertumbuhan baru.

Perubahan dalam pengelolaan lahan, seperti berkurangnya penebangan, intensifikasi pertanian, dan urbanisasi, telah menghilangkan habitat dan tanaman inangnya. Kupu-kupu yang terancam punah ini pernah ditemukan di seluruh Inggris, namun kini hanya terbatas di beberapa lokasi dan para pelestari lingkungan bekerja keras untuk melestarikan spesies ini.

2. Sensitif pada suhu panas atau dingin 

Kupu-kupu dinding berwarna coklat (wall brown), seperti kebanyakan kupu-kupu di Inggris, akan menghabiskan musim dingin sebagai ulat, atau dalam kepompong ia akan muncul setelah bulan April. Namun cuaca yang sejuk di musim gugur dan musim dingin berarti kepompong dewasa berwarna coklat muncul dari kepompongnya pada bulan September dan Oktober.

Pada waktu-waktu tersebut, kemungkinan cuaca terlalu dingin untuk ulat dewasa, tidak ada ulat dinding lain yang dapat dikawinkan, atau tidak ada cukup tanaman yang cocok untuk dimakan ulat mereka sebelum musim dingin. Karena ulat dewasa ini tidak mampu bereproduksi dengan sukses, lebih sedikit ulat yang bertahan hidup menjadi kupu-kupu pada musim semi berikutnya—sebuah fenomena yang oleh para peneliti disebut sebagai jebakan perkembangan. Hal ini berkontribusi terhadap penurunan kupu-kupu wall brown. 

Musim panas yang lebih hangat juga menimbulkan masalah. Berbeda dengan manusia, kupu-kupu dan serangga lain mempunyai cara terbatas untuk tetap sejuk. Untuk mendinginkan tubuh, mereka memiringkan sayapnya agar tidak terkena sinar matahari langsung dan juga dapat memilih tempat teduh yang sering kali lebih sejuk. Namun kupu-kupu dan ngengat sangat sensitif terhadap cuaca dan suhu ekstrim dapat menyebabkan kematian dini pada kupu-kupu.

Ada juga dampak yang lebih halus dari semburan suhu tinggi ini. Pada lalat buah dan serangga lainnya, kesuburan seringkali berkurang pada suhu yang lebih rendah dari batas mematikan. Artinya, meskipun kupu-kupu dapat bertahan hidup dari gelombang panas, kesuburan mereka dapat berkurang dan hal ini dapat menyebabkan penurunan populasi dalam jangka panjang.

Memahami pengaruh suhu terhadap kesuburan kupu-kupu dan ngengat jelas merupakan prioritas utama dan merupakan garis depan penelitian ekologi.

3. Daya jangkauan yang rendah jadi tantangan 

Ringlet gunung adalah spesies yang hampir terancam punah dan menghadapi tantangan berbeda. Saat ini hanya ditemukan di Dataran Tinggi Skotlandia dan Lake District, hidup di ketinggian di atas 350 meter, yang udaranya lebih sejuk dan rerumputan tempat bergantungnya, Nardus stricta, tumbuh subur. 

Seiring berjalannya waktu, tempat perlindungan di pegunungan ini akan menjadi kurang ramah. Tanpa iklim yang lebih sejuk untuk berlindung, ringlet gunung dan kupu-kupu lain yang wilayah jelajahnya terbatas mungkin akan kehilangan rumah.

Adonis biru (saat ini terdaftar sebagai rentan) saat ini hanya terlihat di selatan Inggris. Saat iklim kita menghangat, spesies ini mungkin berpindah ke utara, sehingga populasinya meningkat. Ia tumbuh subur di vetch tapal kuda, tanaman yang umum ditemukan di padang rumput kapur dan batu kapur.

Tapi kupu-kupu ini sebenarnya adalah tubuh rumahan. Ia memiliki karakteristik menetap dan memiliki kecenderungan menyebar yang rendah sehingga mungkin tidak berpindah ke utara seiring perubahan iklim. 

Apa arti penurunan populasi kupu-kupu bagi manusia dan ekosistem?

Karena kupu-kupu dan ngengat sensitif terhadap fluktuasi lingkungan, mereka bertindak sebagai bioindikator yang sangat baik untuk menilai kesehatan ekosistem. Penurunan populasi kupu-kupu dan ngengat mempunyai dampak yang serius.

Kupu-kupu dan ngengat memainkan peran penting dalam penyerbukan tanaman liar dan tanaman pangan termasuk stroberi, mentimun, dan apel.

Banyak hewan, termasuk kelelawar, burung, dan serangga lainnya mengandalkan kupu-kupu, ngengat, dan ulatnya sebagai sumber makanan. Kelimpahan dan waktu munculnya ulat menentukan kapan beberapa burung berkicau bertelur, sehingga perubahan tren ini dapat mengubah populasi burung dalam jangka panjang.