Hari Sejuta Pohon, Simak Tujuh Pohon Terunik di Dunia Ini

Penulis : Redaksi Betahita

Hutan

Kamis, 10 Januari 2019

Editor : Redaksi Betahita

Betahita.id – Ada ungkapan yang kurang lebih berbunyi bila ingin mengetahui sejarah, maka bertanyalah pada pohon-pohon. Ungkapan itu terkadang terdengar di antara percakapan, sebab pohon diprediksi telah ada sebelum manusia tercipta. Pohon memiliki umur yang sangat panjang, mampu mencapai usia ribuan tahun lamanya.

Pada Hari Sejuta Pohon, 10 Januari 2019 ini, Betahita merangkum beberapa fakta tentang tujuh pohon terunik di dunia sebagai berikut. Bukan hanya tentang pohon yang tumbuh di wilayah hutan hijau tetapi juga di wilayah savana yang kering.

1. Pohon Baobab (Adansonia digitata)
Baobab merupakan pohon terbesar dengan rentang usia terpanjang di dunia. Pohon ini tumbuh secara alami di wilayah savana Afrika. Selain itu baobab juga tumbuh di wilayah beriklim tropis  tempat bibitnya dulu diperkenalkan seperti di Australia. Pohon ini sering dinilai memiliki penampilan yang aneh, dengan cabang mirip akar yang menonjol.

Baca Juga: HAkA: Kawasan Ekosistem Leuser Terus Menipis

Pohon baobab yang tumbuh di Kruger National Park di Afrika Selatan. Dok. krugerpark.co.za

Baobab merupakan identitas Madagaskar, negara pulau terbesar di dunia. Tingginya antara 5 sampai 20 meter. Baobab mampu hidup sampai 3.000 tahun, menurut Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan.  Pohon baobab sendiri merupakan ‘gudang’ yang besar untuk menyimpan air dan buahnya bisa dimakan oleh hewan dan manusia.

Sayangnya, pohon-pohon tertua baobab mulai terancam. Pada 2018, sembilan pohon baobab tumbang. Di antaranya terdapat empat pohon baobab tertua, dengan rentang usia 1.000 dan 2.500 tahun. Peneliti mengklaim bahwa matinya pohon baobab tersebut disebabkan oleh perubahan iklim.

2. Pohon Darah Naga (Dracaena cinnabari)

Pohon darah naga merupakan flora endemis dari kepulauan Socotra di Yamana yang terletak dekat Samudera Hindia. Pohon ini dapat tumbuh dengan tinggi dari 250 meter hingga 1500 meter. Pohon ini memiliki banyak dahan dengan panjang mencapai 10 meter. Bentuknya juga unik, seperti payung terbuka yang terbalik.

Pohon darah naga masuk dalam kategori rentan dalam International Union of Conservation of Nature (IUCN).

3. Pohon Wisteria
Pohon Wisteria adalah tipe pohon yang bunganya merambat. Wisteria sinensis (berasal dari Cina) dapat merambat dan tumbuh hingga 25 kaki atau lebih. Bunga-bunganya tumbuh dalam bentuk klaster dan dapat mencapai panjang enam inci hingga satu kaki untuk panjang setiap klaster. Selain itu Wisteria juga tumbuh secara alami di Jepang dan Korea. Pohon ini mampu bertahan hidup hingga berabad-abad.

Rainbow eucalyptus dan Wisteria (wikipedia)

4. Rainbow eucalyptus
Jenis pohon ini banyak tumbuh di pulau-pulau Pasifik seperti Kauai. Warna-warni pada batangnya menyerupai pelangi sehingga pohon ini kerap disebut pohon pelangi. Pada awalnya batangnya berwarna cokelat. Kulit batangnya kemudian secara berkala mengelupas dan digantikan oleh warna-warni baru.

5. Angel Oak Tree
Angel Oak adalah pohon oak yang berhabitat di daerah selatan Amerika, tepatnya di Angel Oak Park, Pulau Johns dekat Charleston, Carolina Selatan. Pohon ini diperkirakan berusia 400 hingga 500 tahun. Tingginya mencapai 20 meter dengan diameter 8.5 meter. Cabang terpanjangnya mencapai 187 kaki atau 57 meter.


Angel Oak Tree dan Giant Sequoias (wikipedia)

6. Giant Sequoias (Sequoiadendron giganteum)
Giant sequoia yang juga dikenal dengan nama Sierra redwoods ini adalah pohon yang sangat masif dan tua. Pohon terbesar dari jenis ini berada di pegunungan dan hutan Sierra Nevada, California, dan konon bisa menampung satu stadium yang penuh dengan orang.

Baca Juga: Hutan Untuk Masyarakat Adat Papua

Secara historis, giant sequoia telah ada sejak periode Jurassic, atau sekitar lebih dari 200 juta tahun lalu. Saat ini, sequoia raksasa terbesar terakhir di Bumi ada di pegunungan Sierra Nevada, dengan ukuran setara negara bagian Cleveland atau 19.425 hektar.

Selain itu, sequoia juga dapat ditemui di Giant Sequoia National Monument, Sequoia and Kings Canyon National Parks, Calaveras Big Trees State Park dan Yosemite National Park.

7. Redwoods (Sequoia sempervirens)
Redwoods merupakan pohon tertinggi di dunia. Tingginya dapat mencapai 300 kaki atau 91 meter di atas permukaan tanah. Redwoods dapat hidup selama 500 hingga 700 tahun. Namun demikian ada beberapa dokumentasi yang mencatat bahwa beberapa dari jenis pohon ini hidup lebih dari 2.000 tahun.