Luas Karhutla di Taman Nasional Way Kambas Mencapai 100 Hektare

Penulis : Kennial Laia

Karhutla

Rabu, 15 April 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Kebakaran hutan dan lahan di Taman Nasional Way Kambas diperkirakan mencapai 100 hektare. Insiden tersebut terjadi pada Minggu siang, 12 April 2020, di Simpang Parmin, satu kilometer dari Rawa Kadut. Kebakaran itu terjadi hingga tengah malam. 

Pelaksana Harian Wilayah II TN Way Kambas Nazarrudin mengatakan, timnya telah memeriksa area kebakaran pada Senin, 13 April 2020. Tim sempat mengalami kendala cuaca sehingga tidak dapat mencapai lokasi kebakaran tepat waktu. 

"Luas kebakaran diperkirakan 80 hingga 100 hektare. Penyebabnya belum dapat disimpulkan," katanya kepada Betahita melalui pesan teks, Selasa, 14 April 2020.

Nazarrudin menambahkan, api telah padam pada Senin pukul 7 malam. Namun, timnya tetap berjaga di daerah kebakaran untuk melakukan olah TKP serta antisipasi kebakaran susulan. 

Petugas menaiki rakit dalam perjalanan menuju lokasi kebakaran di Taman Nasional Way Kamba, Senin, 13 April 2020.

"Namun, ada beberapa kendala. Lokasi kebakaran itu jauh di tengah kawasan. Jalan pun banyak lumpur dan genangan air," ujarnya. 

Taman Nasional Way Kembas memiliki ekosistem hutan rawa air, ilalang, dan semak belukar. Setiap tahun, kawasan tersebut mengalami kebakaran. Pada 2019, luas kebakaran taman nasional tersebut mencapai 2.349 hektare.