50 Tahun Hari Bumi, Belajar Cintai Alam Secara Online

Penulis : Betahita.id

Lingkungan

Selasa, 21 April 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Hari Bumi ke-50 akan jatuh Selasa, 22 April 2020, di tengah pandemi corona yang mengunci seluruh dunia. Tetapi Anda masih dapat merayakan peringatan 50 tahun Earth Day secara online.

NASA, Museum Sejarah Alam Amerika (AMNH) di New York City dan sejumlah organisasi lainnya menawarkan aktivitas online yang akan mengajarkan Anda lebih banyak tentang planet Bumi kita dan meningkatkan kesadaran perlunya melindungi tanaman, hewan, dan ruang terbuka di laman NASA ini.

NASA telah menggabungkan berbagai sumber daya pendidikan ke dalam perangkat peringatan 50 tahun, yang dirancang untuk menyampaikan pesan konservasi kepada orang-orang muda - dan kita semua. NASA juga telah meluncurkan kampanye #EarthDayAtHome untuk membantu masyarakat merayakannya.

"Lima puluh tahun yang lalu, orang-orang di seluruh dunia merayakan Hari Bumi pertama (22 April 1970). Penyelenggara memilih tanggal dan merencanakan kegiatan khusus untuk melibatkan kaum muda dalam gerakan peningkatan kesadaran lingkungan," kata NASA.

Ilustrasi bumi.UNEP

"Ketika kami merencanakan Hari Bumi 2020, NASA melanjutkan ajakan itu kepada kaum muda dan mentor mereka dengan mengumpulkan berbagai sumber daya dari seluruh bagian ke dalam perangkat Hari Bumi online ini." kata NASA. "Semua sumber daya di sini gratis dan tersedia untuk guru dan siswa, orang tua, pemimpin masyarakat, museum - dan siapa pun - untuk digunakan dan dinikmati."

Badan antariksa itu juga akan menyelenggarakan edisi khusus Hari Bumi "NASA Science Live" pada hari Rabu pukul 3 malam EDT (02.00 WIB, Kamis). Webcast akan menampilkan kepala agensi Jim Bridenstine, yang akan berbicara tentang bagaimana teknologi NASA membantu para ilmuwan mempelajari tentang Bumi dan banyak sistem yang saling berhubungan.

AMNH, sementara itu, akan menayangkan "Earthfest" sepanjang hari pada hari Rabu. Salah satu acara yang ditayangkan langsung, "pesta menonton" pada pukul 6 malam EDT (05.00 WIB, Kamis) yang diselenggarakan oleh ahli geologi planet AMNH Martha Gilmore, akan membandingkan planet kita dengan tetangga kosmiknya, menempatkan Bumi dalam konteks yang lebih luas dan mengubah perspektif kita.

"Naik pesawat terbang langsung untuk mengungkap misteri kembar beracun Bumi, Venus, dan sifat dinamis dari tetangga planet kita," tulis AMNH dalam sebuah pernyataan. "Apa yang bisa diajarkan Venus dan Mars tentang perubahan iklim dan kondisi unik yang mendukung kehidupan di Bumi?"

Kegiatan-kegiatan ini bagian dari peringatan Hari Bumi. Anda dapat menemukan acara Hari Bumi online yang tepat untuk Anda melalui alat pencarian yang dihasilkan oleh Earth Day Network.

Selamat berburu, dan selamat Hari Bumi!

SPACE.COM