Hari Bumi 2020, Ini 4 Pesohor yang Peduli Lingkungan

Penulis : Betahita.id

Sosok

Kamis, 23 April 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2020 mengingatkan kita kembali akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Perlu gerakan massal untuk menciptakan perubahan agar alam tetap terjaga. Di antara banyaknya orang yang peduli dengan bumi, beberapa pesohor di Tanah Air dan Hollywood pun merasakan hal serupa.

Mereka menghabiskan tenaga dan uang hanya demi menjaga lingkungan. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah empat pesohor di antaranya.

Leonardo DiCaprio
Di Hollywood, nama Leonardo DiCaprio sudah dikenal luas sebagai aktor dan aktivis lingkungan. Jelas saja, sejak 1998, bintang film "Titanic" itu memang sudah mendirikan Leonardo DiCaprio Foundation yang akhirnya bersatu dengan Earth Alliance.

Melalui yayasan yang didirikannya itu, berbagai donasi untuk menjaga kelestarian alam pun telah dikerjakan. Contohnya saat kebakaran hutan di Australia pada 2019, ia menyumbang USD 3 juta atau setara dengan 45 miliar rupiah.

Leonardo DiCaprio (LeonardodicCaprio.org)

Mark Ruffalo
Pemeran Hulk, Mark Ruffalo, ternyata tak hanya menjadi pahlawan super di film saja namun juga kehidupan nyata. Sejak 2009, ia sudah menunjukkan berbagai aksi dirinya yang sedang terjun bersama para demonstran di jalan untuk menyelamatkan lingkungan.

Mark Ruffalo pun pertama kali tertangkap kamera sedang melakukan unjuk rasa pada awal 2010, di mana ia mengancam perusahaan yang akan mengompres gas alam di dekat tanah pertanian di daerah sekitar New York, Amerika Serikat.

Hamish Daud
Aktor Hamish Daud adalah salah satu orang yang sangat peduli lingkungan. Saat ditemui Tempo beberapa waktu lalu, ia mengaku kecintaannya pada alam turun dari ayahnya, David Wyllie, yang bekerja sebagai aktivis lingkungan di Nusa Tenggara Timur.

Sejak kecil, Hamish yang melihat perjuangan sang ayah pun akhirnya tumbuh menjadi orang yang sangat memperhatikan bumi. Bahkan, ia memiliki organisasi yang dinamai Indonesian Ocean Pride.

“Yayasan saya bertujuan untuk melindungi biota laut Indonesia dari ancaman kerusakan habitat, polusi, dan sampah,” kata Hamish Daud.

Nicholas Saputra
Pemeran Rangga dalam film "Ada Apa Dengan Cinta", Nicholas Saputra, juga mempedulikan alam. Ia menjelaskan kesukaannya pada isu lingkungan terbentuk lewat tontonan Flora dan Fauna di TVRI. Acara itu juga yang mendorong Nicholas banyak bepergian untuk melihat langsung keindahan alam.

Berdasarkan pengalaman berkeliling, ia pun menyadari perubahan mulai muncul akibat kualitas udara, kualitas lingkungan, kebiasaan membuang sampah. “Dari situ, concern saya terhadap lingkungan muncul. Jadilah saya membantu organisasi nonpemerintah untuk kampanye seperti Nature Conservancy, Indonesia Conservancy,” katanya.

TEMPO.CO | TERAS.ID