Orangutan Masuk Palangkaraya, Petugas Evakuasi Kenakan APD

Penulis : Kennial Laia

Satwa

Jumat, 24 April 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Seekor orangutan Borneo liar tersesat di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Orangutan tersebut ditemukan di salah satu kebun nanas milik warga di Km. 10, Jalan Lingkar Luar Palangkaraya, pekan ini.

“Informasi awal adanya satwa orangutan berasal dari laporan warga melalui call center,” ungkap Plt. Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalteng Andi Muhammad Khadafi, Selasa, 21 April 2020.

Andi mengatakan, tim penyelamat awalnya tidak langsung menemukan satwa langka dengan nama Latin Pongo pygmaeus itu. Di kebun nanas milik warga itu hanya ada bekas buah nanas yang telah dimakan, kebun nanas yang rusak, dan sarang orangutan.

Tim, yang terdiri dari Wildlife Rescue Unit (WRU) SKW I BKSDA Kalteng dan Borneo Orangutan Survival Foundation, kemudian melakukan penyisiran di sekitar lokasi. Orangutan tersebut ditemukan dan segera dilakukan tindakan penyelamatan. Pada saat pencarian, tim penyelamat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan menggunakan Alat Pelindung Diri.

Petugas rescue satwa liar memakai alat pelindung diri saat menyelematkan orangutan Borneo di Palangkaraya, 21 April 2020. Protokol tersebut untuk mengurangi risiko penularan virus corona dari manusia ke hewan. Foto: Istimewa

"Rescue dilakukan selama kurang lebih tiga jam. Pemeriksaan kondisi orangutan langsung dilakukan di lokasi. Umur Orangutan tersebut kurang lebih 20 tahun, jenis kelamin jantan, kondisi sehat dan masih sangat liar," tambah Andi.

Setelah diketahui bahwa kondisi orangutan tersebut sehat dan masih sangat liar, maka hari itu juga orangutan tersebut ditranslokasi ke Kawasan Suaka Alam/Kawasan Pelestarian Alam Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.