Lockdown Corona Turunkan Polusi, Lumba-Lumba Muncul di Gangga

Penulis : Betahita.id

Lingkungan

Jumat, 01 Mei 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Sebuah rekaman video pada 27 April 2020 beredar luas di media sosial memperlihatkan sekawanan ikan lumba-lumba berenang di Sungai Gangga dekat Meerut di Uttar Pradesh, India. Lumba-lumba itu adalah jenis lumba-lumba air tawar yang ditemukan di area utama Sungai Gangga dan Brahmaputra yang anak-anak sungainya mengalir ke wilayah India, Bangladesh dan Nepal. 

Menurut laman Times of India, 25 April 2020, lockdown selama wabah corona menyebabkan menurunnya polusi di India. Lumba-lumba Sungai Asia Selatan muncul kembali setelah sangat jarang terlihat dalam 30 tahun terakhir.

"Melihat lumba-lumba sungai Asia Selatan sangat langka belakangan ini, tetapi berkat berkurangnya polusi air, makhluk-makhluk cantik ini muncul dan menyapa penduduk kota. Beberapa hari yang lalu, sejumlah laporan muncul, mengklaim kualitas air sungai Hoogly di Kolkata telah membaik selama pembatasan saat ini," tulis laman ini.

Lumba-lumba diakui sebagai hewan akuatik nasional India, yang sekarang dianggap sebagai spesies yang hampir punah. Walhasil, kemunculan kawanan lumba-lumba ini menjadi hal yang sangat spesial bagi para pecinta satwa liar di media sosial.

Sekawanan lumba-lumba terlihat di sungai gangga. Sumber: News - Fresherslive

Dikutip dari ndtv.com, rekaman video yang tidak diketahui tanggal pengambilannya itu, dibagikan ke Twitter oleh Akash Deep Badhawan, petugas di Indian Forest Services. Dalam unggahannya, Badhawan mengatakan dia sangat beruntung bisa melihat lumba-lumba di sungai gangga dekat Meerut. 

“Lumba-lumba Sungai Gangga adalah hewan aquatik nasional kami yang pernah hidup di sistem Sungai Ganga-Brahmaputra-Meghna yang sekarang hampir punah. Mereka hidup di air tawar dan secara praktik buta dengan celah kecil sebagai mata. Beruntung bisa melihat hal ini di sungai gangga di Meerut,” kata Badhawan.     

Rekaman video itu sudah ditonton lebih dari 10 ribu kali sejak dibagikan. Rekaman video itu juga dibanjiri komentar, termasuk pengakuan beberapa orang yang melihat jumlah ikan lumba-lumba  di Sungai Gangga.

TEMPO.CO | TERAS.ID