Kebun Binatang Bandung Potong Rusa untuk Macan, Ragunan Aman

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Minggu, 03 Mei 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana mengatakan pihaknya tidak mengalami masalah krisis pakan hewan selama PSBB, seperti yang dirasakan oleh Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga).

"Pakan di Ragunan tersedia dan cukup untuk kebutuhan waktu setahun karena sudah dianggarkan di APBD," ujar Ketut kepada Tempo, Ahad, 3 Mei 2020.

Menurut Ketut, Taman Margasatwa Ragunan juga tidak mengalami masalah distribusi pakan hewan walau ada Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Menurut dia, suplai kebutuhan pakan 2,288 ekor hewan di kebun binatang yang terletak di kawasan Jakarta Selatan tersebut masih lancar hingga saat ini.

"Persediaan seperti rumput, buah-buahan, dedak, daging semuanya lancar," ujar Ketut.

Macan tutul (Panthera pardus). (foto: wikimedia.org)

Ketut menambahkan, pegawai Taman Margasatwa masih tetap bekerja di lapangan. Namun jumlahnya dikurangi separuh setiap hari untuk melaksanakan imbauan work from home atau bekerja dari rumah.

"Soalnya perawatan harus tetap dilaksanakan, baik yang di satwa, di kebersihan maupun keamanan. Begitu juga dengan tim medis, pemeriksaan kesehatan dilakukan setiap hari namun orangnya gantian," kata Ketut.

Sebelumnya, Bandung Zoological Garden dikabarkan krisis pakan hewan. Bahkan, pihak pengelola berencana memotong rusa untuk dijadikan pakan macan tutul apabila dalam beberapa waktu ke depan PSBB karena COVID-19 masih diberlakukan.

TEMPO.CO | TERAS.ID