51 Karyawan Freeport Positif Corona

Penulis : Betahita.id

Tambang

Selasa, 05 Mei 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Sebanyak 51 karyawan PT Freeport Indonesia di Tembagapura positif terinfeksi virus corona atau Covid-19. Dari jumlah tersebut, sebanyak 42 orang pasien melakukan isolasi mandiri.

"Sembilan orang dirawat di RS Tembagapura, Distrik Tembagapura, sedang lainnya dilakukan isolasi mandiri," kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Mimika dr. Raynold Ubra di Jayuapura, Sabtu 2 Mei 2020.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, kata dia, tempat isolasi mandiri disediakan oleh PT Freeport. Selain pasien positif, isolasi juga diterapkan bagi karyawan yang masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP).

"Memang saat ini sudah ada tempat isolasi di mana mereka yang positif dan masuk kategori PDP diisolasi," kata Ubra.

Demonstrasi unjuk rasa karyawan freeport

Ubra yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika itu, menyatakan berdasarkan laporan, karyawan yang diisolasi mandiri maupun yang di rumah sakit terdiri atas karyawan PT Freeport maupun karyawan subkontraktor perusahaan tambang tembaga dan emas itu.

Pada kesempatan terpisah, Jubir PT Freeport Reza Pratama mengatakan operasional PT Freeport sejauh ini masih normal.

"Walaupun kami terus memonitor situasi dan keadaan selama masa pandemi Covid-19. PT FI selalu berkoordinasi dan memberikan update kepada Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mimika atas kondisi perusahaan," kata dia.

TEMPO.CO | TERAS.ID