Bantuan Mengalir, Koleksi Kebun Binatang Bandung Aman

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Rabu, 20 Mei 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Bantuan dan donasi mulai mengalir ke Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga) di tengah krisis yang mengimpit gara-gara pandemi Covid-19. Kebun binatang binatang tutup untuk mencegah penularan virus corona, sehingga tidak ada pemasukan. 

Situasi berimbas ke pemeliharaan satwa koleksi yang menjadi minim dan terancam kelaparan.

Di antara bantuan yang datang berupa 1.000 potong ayam beku yang diserahkan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Bantuan itu diperhitungkan cukup untuk stok makanan buaya yang dikoleksi Bazoga selama sebulan ke depan. 

"Ini menambah stok pakan satwa yang menipis sejak tidak ada pengunjung akibat pembatasan sosial karena Covid-19," kata staf humas Bazoga, Sulhan Syafii, Sabtu 16 Mei 2020.

Menurut Sulhan, sejumlah bantuan pakan satwa juga telah diterima dari sejumlah pihak sejak beberapa waktu lalu. Dari beberapa pemberi bantuan yang datang, dia mencatat, ada yang sampai empat kali datang menyumbang. "Jadi setiap hari ada saja yang membawakan sayuran," katanya. 

Dia memperkirakan, tambahan stok pakan satwa dari sejumlah bantuan itu, baik karnivora dan herbivora, akan cukup hingga Agustus atau tiga bulan ke depan. Selebihnya, kata dia, pihaknya masih perlu mempersiapkan skenario terburuk apabila krisis pakan terjadi gara-gara pandemi berlanjut.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo secara simbolis memberi bantuan daging ayam pakan satwa di Bandung Zoological Garden di Bandung, Jawa Barat, Jumat 15 Mei 2020. (Teras/Tempo/Prima Mulia)

Sementara itu, Sulhan menyatakan kalau Bazoga masih membuka pintu untuk bantuan pakan hewan ataupun donasi lainnya. Dia mempersilakan dikirim langsung ke Bazoga yang berlokasi di Jalan Tamansari, Kota Bandung, atau lewat rekening.

Terpisah, Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap bantuan seribu ayam beku bisa mengurangi beban manajemen kebun binatang. "Sehingga tak sampai melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawannya, sekaligus memastikan para hewan di sana tak kelaparan," katanya dalam siaran pers yang diterima, Jumat 15 Mei 2020.

Situasi yang terjadi saat ini juga disuarakan Perhimpunan Kebun Binatang Seluruh Indonesia (PKBSI). Mereka berinisiatif mengajak masyarakat luas untuk ikut peduli satwa di lembaga konservasi lewat program donasi Food for Animal. Donasi dibuka sambil memohon dukungan dan bantuan pemerintah demi menyelamatkan satwa koleksi dari kelaparan dampak pandemi Covid-19. 

TEMPO.CO | TERAS.ID