Belajar Atasi Perubahan Iklim dari Kota Kecil Terbelakang di AS

Penulis : Betahita.id

Perubahan Iklim

Senin, 25 Mei 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Remaja di Kota Duck Hill, Mississippi, AS, bukan anak-anak muda yang gemar melakukan aksi protes dampak perubahan iklim seperti banyak dilihat di televisi. Mereka tidak meninggalkan sekolah untuk aksi turun ke jalan, tapi tahu lebih baik daripada kebanyakan orang bagaimana perubahan iklim mempengaruhi dunia.

Kota kecil mereka yang berpenduduk lebih dari 1.000 orang menderita banjir parah, diperburuk oleh perubahan iklim. Ada bagian kota, banyak dihuni warga keturunan Afro-Amerika, tidak memiliki sistem drainase yang baik selama beberapa dekade, sehingga menyebabkan banjir 30 centi setiap kali habis hujan.

Sekelompok remaja kota ini kemudian bergerak melakukan perubahan. Kisah tentang perubahan iklim dan pendidikan ini diproduksi oleh HuffPost dan The Hechinger Report, sebuah organisasi berita independen yang berfokus pada ketimpangan dan inovasi dalam pendidikan.

Sejak 2018, para remaja dan pemimpin komunitas Duck Hill mencoba mengatasi masalah terkait iklim yang diabaikan oleh pemerintah daerah atau karena daerah tidak memiliki kapasitas untuk memperbaikinya. Dalam prosesnya, mereka telah berupaya mengubah cara kota kecil ini memandang perubahan iklim.

Banjir di kota kecil Duck Hill, Mississippi, AS, mendorong penggiat lingkungan mengajak remaja untuk melakukan perbaikan dan menentang perubahan iklim (Dok.ROMONA WILLIAMS.HUFFPOST.COM)

Kelompok ini disebut program ASEEDS Creek Rangers - ASEEDS adalah singkatan dari Achieving Sustainability Through Education and Economic Development Solutions atau Mencapai Pembangunan Berkelanjutan Melalui Pendidikan dan Solusi Pengembangan Ekonomi - mencakup sekitar 20 anak-anak antara usia 12 dalam 18 tahun, yang dipimpin oleh para pemimpin lokal dan didanai melalui uang hibah.

Tujuannya adalah untuk membangun masa depan yang lebih berkelanjutan di wilayah ini. Tapi uoaya ini juga berhasil mendorong generasi baru pakar iklim di negara di mana politisi terus mendorong penolakan perubahan iklim dan di mana pendidikan sains tentang topik ini sangat kurang.

Masalah terasa sangat mendesak sekarang. Banjir di daerah tersebut secara berkala menyebabkan sekolah harus diliburkan. Jika banjir di wilayah Delta terus berlanjut, siswa akan kehilangan hari sekolah yang semakin banyak. Pada saat yang sama, krisis COVID-19 telah mengungkapkan betapa tidak siapnya komunitas untuk pembelajaran jarak jauh. Sebuah survei terhadap para siswa grup menemukan bahwa hampir 90% tidak memiliki akses internet atau perangkat yang dapat diandalkan.

“Ada masalah yang dihadapi komunitas kecil, dan banyak di antaranya berakar pada rasisme struktural,” kata Romona Williams, direktur eksekutif sukarelawan Montgomery Citizens United for Prosperity, kelompok payung yang mengembangkan program Creek Rangers. "Mereka tidak menerima dana yang diterima daerah lain."

Sampai bergabung dengan Creek Rangers, banyak anggota kelompok mengamggap banjir dan peristiwa cuaca ekstrem lainnya, seperti tornado, sebagai fakta kehidupan. Mereka tidak melihatnya sebagai bagian dari krisis sistemik yang lebih besar.

Mereka belajar, melalui Creek Rangers, bahwa itu tidak harus terjadi. "Kami tidak membicarakan hal-hal semacam itu di sekolah," kata Keyunna McCaskill, 15 tahun, anggota kelompok itu.

Para pemimpin dewasa yang terkait dengan kelompok itu pertama-tama merancang sebuah sistem untuk memperbaiki sistem drainase kota, berkonsultasi dengan para ahli lokal. Genangan air akan berada di sudut-sudut jalan setelah badai, menjadi sarang nyamuk. Jika bertahan terlalu lama, menyebabkan halaman lembab hingga menarik ulardan Kelamaan akan meresap melalui papan lantai rumah, menarik ular dan menyuburkan jamur.

Mereka merancang cara untuk memperbaiki sistem drainase kuno kota, mengurangi dampak banjir, sebagian melalui infrastruktur hijau. Sekelompok pria setempat membantu membangun rencana itu menjadi tindakan. Duck Hill adalah kota pedesaan yang miskin, terutama terdiri dari penduduk Afrika-Amerika. Kelompok ini menangani beberapa masalah yang telah lama menantang pembuat keputusan politik. Para pemuda kemudian terlibat, membantu membangun ruang hijau di sudut jalan kota yang paling bermasalah.

“Mississippi adalah negara penyangkal iklim. Ini adalah kondisi Trump. Tidak ada infrastruktur kebijakan di tempat, jadi kita harus melihat bagaimana kita dapat memberdayakan komunitas kecil dan penduduk yang tinggal di komunitas tersebut untuk membangun kekuatan," kata Williams.

Ketika Williams pertama kali mulai bekerja dengan siswa, dia mengatakan mereka menyampaikan perasaan yang terlepas dari gagasan perubahan iklim, yang disebut-sebut sebagai tambahan dalam kelas ilmu bumi atau biologi. Itu diajarkan secara abstrak, sebagai fenomena ilmiah yang terjadi - tetapi tidak untuk orang-orang.

Para siswa mengatakan mereka tidak menyadari bahwa mereka sudah bisa melihat konsekuensi dari perubahan iklim tepat di luar jendela mereka.

“Sebelum saya berada di Creek Rangers, perubahan iklim adalah hal terakhir di pikiran saya,” kata Mersie Watkins yang berusia 16 tahun. "Saya tidak pernah berpikir tentang hal itu. Saya tahu tentang itu. Tetapi saya tidak pernah memikirkannya secara pribadi dan apa yang terjadi pada saya. ”

Idenya adalah bagi siswa untuk melihat perubahan iklim bukan hanya masalah lingkungan, tetapi juga salah satu keadilan ekonomi dan ras. Para pemimpin kelompok tidak mendapat kesan bahwa para pembuat kebijakan akan menyelamatkan mereka dari kehancuran akibat perubahan iklim. Mereka berusaha mempersiapkan siswa untuk menyelamatkan komunitas mereka sendiri.

Memang, Taylor mencatat bahwa "komunitas yang lebih makmur telah bekerja menuju keberlanjutan selama beberapa dekade."

Melalui partisipasi mereka di Creek Rangers, siswa melakukan perjalanan ke museum hak-hak sipil dan konferensi di antara bekerja pada proyek keberlanjutan lokal dan menangani kurikulum sains dan teknologi yang dipesan lebih dahulu. Beberapa peserta berpartisipasi dalam lembaga pelatihan kepemimpinan pemuda yang lebih besar. Mereka menghadiri kamp yang diadakan National Geographic yang berfokus pada bagaimana perubahan iklim memengaruhi masyarakat pesisir Pribumi.

"Ada juga aspek yang mengancam jiwa," kata Williams. “Kami dipukul dengan tornado, banjir hanya bisa dipercaya, dan tidak ada satuan tugas. Tidak ada tindakan di sekitar mengapa ini terjadi? "

"Saya merasa beberapa orang tidak berpikir itu mempengaruhi mereka."

Sementara COVID-19 telah membatasi siswa di seluruh negara di rumah mereka, beberapa anak Mississippi mungkin akan tinggal di rumah dalam beberapa bulan terakhir bahkan tanpa pandemi. Daerah ini baru-baru ini menghadapi serangan banjir.

Watkins telah lama menerima banjir sebagai bagian yang tak terhindarkan dari komunitasnya. Itu telah terjadi sepanjang hidupnya, sehingga keluarganya tidak bisa meninggalkan rumah setelah badai untuk pergi ke toko.

Watkins bergabung dengan Creek Rangers pada 2018 melalui neneknya, seorang organisator lokal dan anggota dewan wanita. Dia bilang itu membuka mata.

Di sekolah, katanya, para guru memberi tahu siswa secara luas bahwa perubahan iklim “mempengaruhi orang” di seluruh dunia. Tapi itu tidak terasa nyata, "karena orang-orang itu tidak ada hubungannya dengan Anda," kata Watkins.

"Setelah Anda melihatnya dari sudut pandang yang ada di sekitar Anda, dan orang yang Anda sayangi, dan orang yang Anda cintai ... itu membuat Anda ingin membangun sesuatu untuk membuatnya lebih baik."

Namun sejak bergabung dengan program ini, Watkins telah bertemu dengan anggota masyarakat yang tidak membagikan pandangannya. Ketika dia keluar di komunitas mengerjakan proyek-proyek berkebun, dia ditanyai tentang minatnya pada kelompok dan realitas perubahan iklim.

Itu mulai bergeser begitu kelompok berhasil membangun sistem untuk membendung banjir. Creek Rangers mulai menerima lebih banyak rasa hormat setelah itu, katanya.

Sekarang, Watkins bekerja dengan kelompok tersebut untuk memperluas dampaknya pada komunitas. Creek Rangers telah mengadakan lokakarya dengan para pendeta setempat tentang realitas perubahan iklim. Warga mulai menyadari bahwa beberapa masalah kesehatan yang mereka hadapi mungkin terkait dengan jamur yang merasuki rumah mereka, akibat banjir yang terus-menerus. Tapi rasanya masih belum cukup.

“Ketika itu dimulai, orang-orang tidak benar-benar peduli dengan apa yang kami lakukan - mereka selalu mempertanyakannya. Ketika kami akan mencoba memberi tahu mereka, mereka tidak terlalu peduli, karena untuk satu, mereka tidak tahu apa itu perubahan iklim, "kata Watkins. "Saya merasa beberapa orang tidak berpikir itu mempengaruhi mereka."

Proyek mitigasi air banjir kelompok ini memakan waktu dua tahun secara keseluruhan.

Pertama kali dilakukan setelah para pemimpin menyelesaikan bagian awal proyek, mereka tidak tahu apakah itu akan berhasil. Hujan mengguyur dengan kekuatan yang sangat besar. Mereka menunggu dengan napas tertahan untuk melihat apakah usaha mereka sia-sia. Mereka menyaksikan ketika jalan utama kota berubah menjadi sungai.

Kemudian, dalam waktu setengah jam, air surut. Sistem telah bekerja.

“Itu melegakan. Itu adalah kepuasan. Kami bersyukur. Dan masyarakat, mereka hanya ... mereka hanya merasakan harapan,” kata Williams. “Mereka tahu bahwa sesuatu telah terjadi dan ada sesuatu yang berbeda di komunitas mereka sekarang. Sekarang, saat hujan, mereka tidak panik lagi. "

Tetapi pekerjaan kelompok baru saja dimulai. Para pemimpin dewasa di ASEEDS telah mengembangkan rencana ketahanan iklim jangka panjang untuk kota tersebut. Mereka berharap rencana itu akan berjalan dan menjadi model bagi kota-kota kecil di pedesaan di seluruh negeri.

Sebelumnya, penduduk kota tahu ada sesuatu yang terjadi pada mereka, namun tidak tahu kenapa terjadi. "Tapi sekarang anak-anak kita tahu mengapa itu terjadi," kata Williams. "Ini masa depan mereka."

HUFFPOST