Hari Laut Sedunia, PBB Ingatkan Komitmen pada Kelestarian Laut

Penulis : Betahita.id

Kelautan

Selasa, 09 Juni 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Antonio Guterres, mendesak pemerintahan di seluruh dunia berkomitmen pada pelestarian dan keberlanjutan laut.

"Saya mendesak pemerintah dan semua pihak terkait untuk berkomitmen pada pelestarian dan keberlanjutan laut melalui inovasi maupun ilmu pengetahuan," tutur Guterres dalam pesannya menyambut Hari Laut Sedunia, yang jatuh pada 8 Juni.

"Seiring upaya kita mengakhiri pandemi dan membangun kembali secara lebih baik, kita memiliki peluang, dan juga tanggung jawab, sekali dalam satu generasi untuk memperbaiki hubungan dengan alam, termasuk laut dan samudra," katanya dalam siaran pers PBB, Senin, 8 Juni 2020.

"Kita bergantung pada laut untuk pangan, penghidupan, transportasi, dan perdagangan. Dan, sebagai paru-paru sekaligus penyerap karbon terbesar bagi planet kita, laut memainkan peran vital dalam mengatur iklim global," katanya.

Ilustrasi Laut (UN.Org)

"Sekarang, level air laut naik akibat perubahan iklim, mengancam kehidupan dan penghidupan di negara-negara berdataran rendah serta kota-kota maupun masyarakat pesisir di seluruh dunia," kata Guterres.

Dia juga mengingatkan bahwa laut menjadi semakin asam, sehingga membahayakan keragaman hayati serta rantai makanan esensial. "Dan polusi plastik terjadi di mana-mana," tuturnya.

Sekjen PBB mengeaskan bahwa di Hari Laut Sedunia ini, kita harus fokus pada Inovasi bagi Laut yang Berkelanjutan.

"Pemahaman yang lebih baik terhadap laut penting untuk pelestarian persediaan ikan serta penemuan produk dan obat baru," katanya.

"Program PBB mendatang, yakni Dekade Ilmu Kelautan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Decade of Ocean Science for Sustainable Development), akan memberi dorongan dan kerangka kerja bersama bagi aksi," papar Guterres.

Hari Laut Sedunia secara resmi ditetapkan oleh PBB pada 2008. Hari peringatan internasional ini mendukung implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB di seluruh dunia, serta menumbuhkan minat publik dalam pengelolaan lautan dan sumber dayanya