Ada Salju di BKT? Limbah Deterjen Sebabkan Polusi Air

Penulis : Betahita.id

Sampah

Minggu, 28 Juni 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Limbah deterjen mencemarai Kanal Banjir Timur. Akibatnya, saluran pengendali banjir di Jakarta Timur itu dipenuhi warna putih busa sabun saat masyarakat berolahraga di acara Car Free Day (CFD), Minggu, 18 Juni 2020.

"Mirip-mirip salju sih. Sepertinya ini limbah. Tapi unik sih kalau difoto, sekilas seperti salju," kata Rahma, 30 tahun, warga sekitar yang sedang mengikuti CFD di jembatan pintu air Kali BKT.

Sejumlah peserta CFD yang selesai berolahraga di jalur sepeda BKT memilih berkerumun di dekat pintu air untuk menyaksikan pemandangan busa putih yang menutupi permukaan air sungai.

Mereka ada yang berfoto dan membuat video dari jembatan pintu air serta bantaran yang berdekatan dengan posisi lautan busa itu.

Operator alat berat pintu air BKT, Parlina Manulu, mengatakan gumpalan busa itu kerap muncul pada saat kemarau, tapi belum diketahui sumbernya.

"Terjadi setiap hari, ini sudah lima hari," ujarnya.

Lautan busa tersebut kerap muncul saat petugas bendung melakukan penutupan pintu di Kali BKT. "Kalau penyebabnya kurang tahu. Kalau airnya mengalir, situasinya biasa, normal saja, tidak ada busa begini," katanya.

Kanal Banjir Timur menampung air dari kali di sekitar Pondok Kelapa, yang berasal dari wilayah selatan seperti Depok dan Bogor. Limbah rumah tangga berupa busa deterjen yang dibuang ke sungai tampaknya menjadi penyebab pencemaran air ini.

Busa deterjen akibat limbah rumah tangga memenuhi Kanal Banjir Timur atau biasa disebut BKT, Minggu, 28 Juni 2020. (Teras.id/ANTARA/Andi Firdaus)