Pesut Mahakam Muncul Lagi

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Kamis, 23 Juli 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Beberapa ekor pesut (Orcaella brevirostris) kembali muncul di perairan Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Mamalia air tawar ini sudah lama tidak terlihat warga sekitar sungai lantaran keberadaannya yang sudah langka dan terancam punah.

Seorang warga berhasil mengabadikan kemunculan pesut di sekitar Sungai Mahakam. Beberapa ekor pesut tampak berenang dan melompat-lompat di permukaan sungai terbesar di Kalimantan Timur itu. Dalam video yang diunggah oleh akun Twitter @BahriBpp dan @RheyKhabiza pada Selasa (21/7/2020), terlihat pesut berenang dan sesekali melompat dari air. Warga terdengar bersorak saat melihat kemunculan mamalia yang kini sudah jarang ditemukan lagi itu.

“Mantap, mantap, mantap. Banyak sekali pesutnya!” teriak warga dari pinggir sungai.

Pesut mahakam, yang muncul di Sungai Mahakam, Juli 2020. (Twitter @BahriBpp)

Pesut Mahakam. (Dok Ketua Kelompok Sadar Wisata Desa Pela, Alimin)

Pesut Mahakam atau dalam bahasa latin disebut Orcaella brevirostris adalah mamalia yang juga dijuluki sebagai lumba-lumba air tawar.

Pesut Mahakam mempunyai kepala berbentuk bulat (seperti umbi) dengan kedua mata yang kecil. Tubuh besut berwarna abu-abu dengan bagian bawah yang lebh tua. Yang membedakan dengan lumba-lumba adalah tubuh pesut yang tidak memiliki moncong.

Selain itu, jika lumba-lumba adalah mamalia air laut, pesut hidup di sungai-sungai daerah tropis, terutama di kawasan Asia Tenggara seperti Sungai Mahakam, Sungai Mekong, dan Sungai Irrawaddy.

Namun, populasi pesut kini tengah terancam punah. Berdasarkan data tahun 2018, populasi hewan ini hanya tinggal 80 ekor saja yang hidup di sunga-sungai Kalimantan, membuat pesut menempati urutan tertinggi dari daftar satwa Indonesia yang terancam punah.

Di Kalimantan, populasi hewan ini terus menyusut akibat habitatnya terganggu, terutama makin sibuknya lalu-lintas perairan Sungai Mahakam, serta tingginya tingkat erosi dan pendangkalan sungai akibat pengelolaan hutan di sekitarnya.

Kelestarian Pesut Mahakam juga diperkirakan terancam akibat terbatasnya bahan makanan berupa udang dan ikan, karena harus bersaing dengan para nelayan di sepanjang Sungai Mahakam. Oleh karena itu, kemunculan pesut saat ini begitu disyukuri warga.

MEDANHEADLINE.COM | TERAS.ID