Ikan Duyung Ditemukan Tewas dengan Tubuh Penuh Luka

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Jumat, 24 Juli 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Seekor Dugong (Dugong dugon) atau biasa disebut ikan duyung, ditemukan mati terdampar di pantai Desa Tengah-Tengah, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, Pulau Ambon, Rabu (22/7/2020) pukul 15.00 WIT. 

Satwa ditemukan dalam kondisi mati oleh seorang warga bernama Iwan Walli. “Satu ekor dugong ditemukan terdampar di pantai Desa Tengah-Tengah. Saat ditemukan satwa tersebut sudah dalam kondisi mati. Diperkirakan satwa sudah mati sekitar dua hari yang lalu,” kata Kepala Polhut BKSDA Maluku,Seto, dalam siaran pers, Rabu malam, 22 Juli 2020.

Baca juga: Pantai Sepi Wisatawan Jadi Tempat Bermain Dugong

Seto mengatakan dari hasil observasi yang dilakukan oleh petugas dari BKSDA Maluku, PSPL Sorong dan DKP Provinsi Maluku, diketahui satwa tersebut memiliki panjang 320 cm, lingkar badan 226 cm dan berjenis kelamin jantan.

Seekor Dugong (Dugong dugon) jantan ditemukan mati terdampar di pantai Desa Tengah-Tengah, Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Ambon, Rabu (22/7/2020). FOTO : DOK. BKSDA MALUKU

Diperkirakan satwa tersebut mati diakibatkan karena terdampar ke wilayah karang-karang yang berada di sekitaran pantai tersebut. “Hal ini diperkuat dengan kondisi tubuh satwa tersebut terdapat banyak bekas luka yang diakibatkan oleh gesekan benda tumpul seperti karang dan bebatuan,” kata Seto.

Menurut Seto, wilayah Perairan Salahutu merupakan salah satu habitat dari satwa dugong datau duyung. Masyarakat sekitar sering menemukan satwa tersebut sedang bermain dan mencari makan di wilayah perairan Salahutu. “Bangkai Dugong sudah dimusnahkan dengan cara dikubur di sekitar Kandang Transit Passo,” kata Seto.

TERASMALUKU.COM | TERAS.ID