LIPI Kembangkan Vaksin Covid-19, Ini Tahapan Uji Klinisnya

Penulis : Betahita.id

Covid-19

Rabu, 29 Juli 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menemukan vaksin covid-19 produksi Indonesia. “Hasil uji klinis yang dilakukan di Biofarma Bandung tentunya sangat diharapkan dan dinantikan hasilnya karena akan terlihat potensi bagaimana Indonesia dapat secara mandiri memproduksi vaksin,” ujar Deputi Bidang Ilmu Teknik LIPI, Agus Haryono, seperti dikutip laman LIPI, Selasa, 28 Juli 2020.

Baca juga: Melacak Perkembangan Vaksin Covid-19

Laboratorium Bio Safety Level 3 (BSL -3) LIPI saat ini menjadi fasilitas pendukung untuk pengujian vaksin. Kepala BSL3 LIPI, Ratih Asmana Ningrum, menjelaskan pada dasarnya vaksin mengambil keseluruhan atau sebagian mikroba atau patogen, yang kemudian dilemahkan agar tidak berbahaya saat dimasukkan ke dalam tubuh.

“Tujuan pemberian vaksin adalah membuat tubuh mengenali jenis mikroba atau patogen sehingga jika ada patogen yang sama masuk ke dalam tubuh, tubuh kita sudah tahu cara menghadapinya atau membentuk antibodi,” ujar Ratih.

Peneliti Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI, Wien Kusharyoto, menjelaskan untuk vaksin SARS-CoV2, LIPI memilih mengembangkan vaksin rekombinan sub-unit, yang berarti vaksin diambil hanya dari bagian tubuh virus, yaitu Protein Spike (Protein S). “Protein Spike dan Receptor Binding Domain saat ini menjadi kandidat utama sebagai antigen yang potensial. Tujuan utamanya adalah membentuk antigen untuk meningkatkan sistem imun,” kata Wien.

Tahapan Uji Klinis
Kendati demikian, Wien menjelaskan bahwa proses pengembangan vaksin hingga dapat diproduksi massal dan digunakan pada manusia dengan benar-benar aman membutuhkan waktu yang tidak singkat. Ada beberapa tahapan uji klinis yang harus dilakukan untuk memastikan vaksin bekerja dengan efektif dan aman.

“Ada banyak aspek yang harus dibahas. Kita tidak hanya mengembangkan kandidat vaksin itu sendiri, namun ada pula pemilihan partner penelitian yang tepat, dan uji pra klinis. Jika memang semua bagus maka baru bisa lanjut ke uji klinis tahap satu,” ujar Wien.

Wien menjelaskan pada uji klinis tahap satu, vaksin siap diujikan ke manusia untuk melihat keamanan vaksin dan dosis yang tepat. “Pada tahap ini biasanya diujikan ke 45 relawan untuk kemananan dan pengujian dalam dosis berbeda agar diketahui dosis mana yg lebih tepat dan lebih aman,” kata Wien. Pada tahap ini juga dievalusi repson kekebalan apakah antibodi sudah dapat diperoleh.

Tahap kedua uji klinis vaksin ditujukan untuk melihat efisiensi vaksin pada lebih banyak relawan dengan rentang usia yang lebih luas. Jika uji klinis ini berhasil, maka vaksin masih harus melalui uji klinis tahap tiga, yaitu evaluasi reaksi tubuh relawan terhadap vaksin.

“Tahap ketiga, kita melihat apakah respon kekebalan yang diharapkan sudah sesuai. Apakah dari vaksin tersebut sudah diperoleh antibodi yang menetralisir virus,” ujar Wien. Jika tahapan-tahapan tersebut berhasil, barulah vaksin dapat dilisensi agar selanjutnya dapat diproduksi dan dipasarkan secara massal dengan prosedur penggunaan yang aman.

Wien menjelaskan, vaksin yang dikembangkan LIPI saat ini merupakan vaksin pengembangan tingkat lanjut. “Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika vaksin yang sudah dikembangkan ternyata kurang efektif,” katanya

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto: Reuters

Bio Farma juga sedang menjalin kerja sama dengan Sinovak Cina mengadakan Uji Tahap III pada Agustus 2020. Perusahaan ini juga sedang membangun fasilitas dengan kapasitas produksi 100 juta dosis setiap tahunnya.