Beruang Madu Serang Ternak Warga Agam

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Senin, 10 Agustus 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Beruang madu atau helarctos malayanus diduga masuk ke pemukiman dan menyerang seekor kambing ternak milik warga di Nagari Sungai Puar, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Resor Agam, Ade Putra mengatakan kambing diserang satwa liar di dalam kandangnya.

“Kejadian tersebut diketahuinya Kamis (6/8/2020) sekitar pukul 06.00 WIB. Kemudian ia memberitahukan kepada warga lainnya,” katanya Jumat (7/8/2020).

Baca juga: Usai Anaknya Ditangkap, Induk Harimau Sering Muncul di Gantung Ciri, Kabupaten Solok

Kambing itu ditemukan dalam kondisi luka pada bagian perut dan luka menganga pada bagian leher. Lokasi penemuan kambing berjarak 10 meter dari kandang tempat ternak.

Sedangkan di sekitar kandang terdapat banyak jejak kaki yang diduga satwa liar. Atas kejadian tersebut, siangnya wali nagari Sungai Puar melaporkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Agam.

“Berdasarkan hasil identifikasi lapangan dan tanda-tanda keberadaan satwa di lokasi kejadian, diduga kambing milik Bahruni diserang oleh satwa liar jenis Beruang Madu,” ujarnya.

Beruang madu (helarctos malayanus ) (wikipedia)

Untuk memastikannya, BKSDA memasang kamera penjebak (camera trap) sebanyak tiga unit untuk mendapatkan gambaran visual. Selain itu juga dilalukan penyisiran di sekitar lokasi kejadian untuk memastikan jalur datang dan perginya satwa.

Baca juga: Harimau yang Masuk Perangkap di Solok Berhasil Dievakuasi, Diberi Nama Putra Singgulung

Lokasi kejadian berada di tengah pemukiman warga Kampung Subarang Parit dan berjarak 2,3 kilometer dari kawasan hutan cagar alam Maninjau. BKSDA menghimbau kepada warga agar hati-hati.

“Terutama yang beraktivitas di ladang untuk berhati-hati dan waspada serta melakukan pengamanan terhadap ternaknya dengan memasukan ke kandang yang kuat dan layak,” katanya. 

LANGGAM.ID |TERAS.ID