Kera Liar di Singapura Asyik Bermain Sampah Plastik

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Selasa, 01 September 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Petugas konservasi Raffles Banded Langurs Working Group di Singapura menemukan sekelompok kera hutan liar atau macaque bermain dengan sampah plastik.

Sebagian monyet berekor panjang itu menggigiti sampah plastik dan ada juga yang memakai gelas plastik bubble tea sebagai topi.

Baca juga: Kera Merapi Turun Gunung Kekurangan Pangan, Dampak Covid-19

Ini terekam saat petugas magang Glendon Kee melakukan survei bersama rekannya di sepanjang jalan Old Upper Thomson Road pada 17 Agustus 2020.

Kera liar di Singapura bermain sampah plastik, Agustus 2020 (Facebook/Raffles' Banded Langurs)

“Ada empat moyet hutan liar terlihat asyik bermain dengan sampah plastik sampai mengabaikan kerumunan teman-temannya,” kata Kee seperti dilansir Asia One pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Menurut observasi petugas, monyet hutan biasanya menghabiskan banyak waktu dengan sesamanya saat bermain.

Namun, kehadiran sampah plastik di sekitar habitat monyet ini membuat monyet berusia muda lebih suka bermain dengan sampah plastik seperti bekas tempat makanan dan tempat minum bubble tea.

“Kita tidak hanya menyebarkan sampah dan merusak lingkungan, tapi juga membuat monyet ini kurang bersosialisasi dengan sesamanya untuk saling belajar,” kata Kee dalam unggahan di akun Facebook pada 25 Agustus 2020 di Singapura.

ASIA ONE | TEMPO.CO | TERAS.ID