Kaavan, Gajah Paling Kesepian di Dunia Dipindahkan dari Pakistan

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Senin, 07 September 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Seekor gajah bernama Kaavan di Pakistan disebut-sebut sebagai gajah paling kesepian di dunia. Satwa dilindungi ini bertahun-tahun hidup sendiri di Kebun Binatang Islamabad di Pakistan.

Lihat juga Foto-Foto Kaavan

Namun penderitaan Kaavan segera berakhir karena ia akan dipindahkan ke tempat tinggal barunya di Kamboja yang disebut lebih baik dibandingkan tempat lamanya di Pakistan.

Berdasarkan laporan AP, kelompok penyayang hewan termasuk penyanyi pop dunia warga Amerika, Cher telah membantu kasus Kaavan mencarikan tempat tinggal yang lebih baik.

Martin Bauer, juru bicara organisasi penyayang hewan Four Paws mengatakan, gajah itu akhirnya mendapatkan persetujuan medis untuk melakukan perjalanan ke Kamboja.

Gajah Kaavan (Facebook)

Kaavan yang mengalami kegemukan dan kekurangan gizi akut, saat ini dalam perawatan medis secara penuh di kebun binatang sebelum direlokasi ke Kamboja.

"Setelah pemeriksaan untuk memastikan Kaavan cukup kuat, langkah saat ini untuk merampungkan relokasi ke tempat suaka hewan yang berpotensi di Kamboja," kata Bauer.

Untuk pemulihan, menurut Bauer, luka Kaavan lebih dari sekedar luka fisik. Gajah ini juga menderita masalah perilaku.

Kaavan yang kehilangan temannya tahun 2012 telah bertarung melawan kesepian sama halnya dengan kondisi hidup yang buruk di kebun binatang itu.

Four Paws diundang Dewan Manajemen Satwa Liar Islamabad untuk menyelamatkan Kaavan dan hewan-hewan lainnya dari dalam Kebun Binatang Islamabad.

Kaavan sendiri sambil menunggu keberangkatannya ke Kamboja hidup di tempat khusus.

Pengadilan Tinggi Pakistan pada Mei lalu memutuskan Kaavan boleh direlokasi ke luar negeri di tempat yang sesuai dengan habitatnnya.

Pengadilan memerintahkan petugas satwa untuk berkonsultasi dengan Sri Lanka, tempat asal gajah Asia ini berasal untuk menemukan tempat yang pas baginya. Pengadilan memberi batas waktu 30 hari untuk konsultasi itu.

"Rasa sakit dan penderitaan Kaavan harus diakhiri dengan merelokasinya ke tempat perlindungan gajah yang sesuai, di dalam atau di luar negeri," ujar Pengadilan Tinggi Pakistan dalam putusan sebagaimana dikutip dari Aljazeera.

Pengadilan juga memerintahkan hewan-hewan lainnya yang tinggal dalam kebun binatang itu direlokasi sementara. Kebun binatang ditutup hingga memenuhi standar yang layak.

Pakistan satu-satunya negara di Asia yang tidak memiliki jenis gajah Asia.

TEMPO.CO | TERAS.ID