Jalan Tol dengan Undepass Perlintasan Gajah Diresmikan

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Senin, 28 September 2020

Editor :

BETAHITA.ID - PT Hutama Karya, pemegang konsesi proyek jalan tol Trans-Sumatra membangun underpass perlintasan gajah di ruas tol Pekanbaru-Dumai. Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan, dalam pembangunannya, jalan tol ini menjadi istimewa karena selain diperuntukkan bagi mobil, disediakan pula lima perlintasan gajah.

“Jalan tol ini memang melewati habitat gajah di Kabupaten Bengkalis. Underpass disiapkan agar jalur jelajah gajah tidak terputus, dengan demikian biodiversity Sumatra akan terpelihara. Untuk merancang jalur pelintasan gajah melalui underpass tersebut, Hutama Karya berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau,” ujarnya melalui siaran pers, Jumat, 25 September 2020.

Lintas bawah pelintasan gajah di tol Pekanbaru-Dumai keseluruhannya berada di seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) dekat dengan Suaka Margasatwa Balai Raja.

Adapun, untuk di seksi 2 (Minas-Kandis Selatan) terdapat pula Jembatan Sungai Tekuana yang kerap kali disinggahi oleh 13 gajah Sumatra karena lokasinya yang tidak jauh dari Pusat Pelatihan Gajah Minas di Kabupaten Siak. Lintas bawah tol Pekanbaru-Dumai dapat dilintasi hingga seratus ekor gajah.

Ilustrasi Underpass Perlintasan Gajah di Jalan Tol Dumai-Pekanbaru. (Hutama Karya)

Selain akan membuka akses darat dari Kota Pekanbaru menuju Kota Dumai dan sebaliknya, jalan tol ini diprediksi mampu merangsang geliat perekonomian di Bumi Lancang Kuning.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Jumat, 25 September 2020, meresmikan jalan tol lintas Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai, Provinsi Riau. Peresmian akan dilakukan secara virtual dari Istana Negara sebab ada tren lonjakan kasus positif Covid-19 di Riau saat ini.

TEMPO.CO | TERAS.ID