Obat Covid-19 Beredar di Indonesia, Harga Rp3 Juta per Dosis

Penulis : Betahita.id

Covid-19

Jumat, 02 Oktober 2020

Editor :

BETAHITA.ID -  Obat Covid-19 resmi masuk Indonesia. PT Kalbe Farma akan memasarkan obat antivirus Covifor atau Remdesivir bekerja sama dengan anak perusahaan asal India Hetero yakni PT Amarox Pharma Global.

Dalam siaran persnya pada Kamis, 1 Oktober 2020, Kalbe Farma mengungkapkan Indonesia termasuk di antara 127 negara yang mendapat pasokan obat Covid-19 ini.

Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk. Vidjongtius secara resmi menyebutkan harga obat antivirus Covifor atau Remdesivir yang dikerjasamakan dengan perusahaan asal India Hetero yakni PT Amarox Pharma Global. "Harga sekitar Rp 3 juta per pile (dosis), dan harga sangat tergantung dengan volume," ujarnya, di Jakarta, Kamis, 1 Oktober 2020.

Baca juga: Riset Obat Covid-19: dari Empon-empon sampai Eucalyptus

Ilustrasi Obat Covid-19 (wikipedia)

Menurut Vidjongtius, harga obat Covid-19 itu bisa berubah di kemudian hari bila volume permintaannya meningkat. "Harga sangat tergantung dengan volume. Jika volumenya meningkat, harga bisa ditinjau kembali,” ucapnya.

Sebelumnya Gilead Science Inc. pada Juni lalu mengumumkan harga obat antivirus Remdesivir ini dipasarkan dengan harga US$ 2.340 atau Rp 33 juta per pasien untuk pengobatan selama 5 hari.

Gilead memperluas voluntary non-exclusive license kepada Hetero untuk memproduksi dan mendistribusikan Remdesivir di 127 negara. Indonesia termasuk dalam 127 negara itu dalam rangka memperluas akses ke pengobatan Covid-19.

TEMPO.CO | TERAS.ID