Paus: Tarik Investasi dari Perusahaan Perusak Lingkungan

Penulis : Betahita.id

Lingkungan

Senin, 12 Oktober 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Paus Fransiskus mendesak warga dunia menarik investasi dari perusahaan yang tidak berkomitmen melindungi lingkungan. “Sains memperlihatkan, setiap hari kita harus bertindak dengan lebih tepat, segera … apabila kita berharap untuk menghindari perubahan iklim yang radikal dan menghancurkan,” katanya dalam acara daring bernama Hitung Mundur Peluncuran Global, Seruan Aksi bagi Perubahan Iklim, Sabtu, 10 Oktober 2020.

Pernyataan itu menjadi bagian dari seruan untuk menciptakan model ekonomi yang lebih berkelanjutan akibat pandemi virus corona.

Dalam pernyataan yang disiarkan secara online itu, Paus mencatat tiga poin aksi: pendidikan yang lebih baik mengenai lingkungan, pertanian berkelanjutan dan akses ke air bersih, dan menghindari penggunaan bahan bakar fosil.

“Satu cara untuk mendorong perubahan ini adalah mendesak perusahaan untuk segera berkomitmen bagi upaya integral kita, termasuk dengan tidak berinvestasi pada perusahaan yang tidak menjalani parameter ini… dan memberi imbalan pada perusahaan yang menjalaninya.”

Paus Fransiskus (aleteia.org)

Dia mengatakan pandemi telah membuat krisis iklim dan masalah sosial terkait jadi lebih mendesak.

“Sistem ekonomi sekarang ini tidak berkelanjutan. Kita dihadapkan pada imperatif moral… untuk mempertimbangkan ulang berbagai hal,” katanya.

Pada Juni 2020, sebuah dokumen Vatikan mendesak umat Katolik untuk tidak berinvestasi dalam industri senjata dan bahan bakar fosil, dan untuk mengawasi dampak lingkungan yang dilakukan perusahaan-perusahaan dalam berbagai sektor seperti pertambangan.

Pembicara dan aktivis lain dalam acara daring itu termasuk aktris Jane Fonda, Pangeran William, mantan Wakil Presiden AS Al Gore dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. 

SUARAINDO.ID | TERAS.ID