Prof Bambang Hero: Lahan Gambut Bisa untuk Sawah, Ini Syaratnya

Penulis : Betahita.id

Gambut

Minggu, 18 Oktober 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Guru besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University Prof. Bambang Hero Saharjo mengatakan lahan gambut dapat dimanfaatkan untuk area produksi pangan sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan nasional, namun harus memenuhi syarat tertentu.

"Pilihan yang masuk akal dengan melakukan kegiatan di lahan gambut yang memenuhi persyaratan teknis dan administrasi," kata Bambang dalam siaran pers IPB yang diterima di Jakarta, Sabtu (17/10/2020).

Baca juga: Pembukaan Sawah Baru di Lahan Gambut Didanai BUMN

Bambang mengatakan pemanfaatan lahan gambut sebagai area produksi pangan perlu melibatkan para ahli, termasuk dari perguruan tinggi, bercermin dari program-program sebelumnya yang sempat gagal.

Bambang juga menyarankan untuk memastikan kondisi lahan gambut yang akan digunakan antara lain sejarah lahan, kualitas gambut, kedalaman gambut, dan kondisi terkini lahan gambut.

"Perlu dipastikan agar upaya mempertahankan ketinggian muka air benar-benar diperhatikan dengan mekanisme yang benar seperti diatur dalam peraturan yang ada dan berdasarkan penelitian sebelumnya," tuturnya.

Selain itu, di lahan gambut juga perlu dibangun sekat kanal yang sesuai dengan kondisi dan benar-benar bisa diaplikasikan di lapangan dan terpantau serta dibangun sistem pengendalian kebakaran dengan mengedepankan upaya pencegahan.

Bambang mengatakan Hari Pangan Sedunia yang diperingati setiap 16 Oktober perlu menjadi momentum untuk mengevaluasi upaya produksi pangan dunia, termasuk di Indonesia. Peningkatan populasi manusia turut meningkatkan kebutuhan terhadap makan, minum, maupun tempat tinggal; sehingga kebutuhan terhadap lahan semakin tinggi.