Kisah 3 Harimau Sumatera Kelahiran Sydney 17 Agustus 2019

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Senin, 19 Oktober 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Kebun Binatang Taronga di Sydney berhasil melakukan konservasi pada harimau sumatera, yang di habitat aslinya semakin terancam. Dikutip dari situs resmi Taronga Zoo, tiga bayi harimau Sumatera lahir di kebun binatang Taronga pada 17 Agustus 2019.

Keberadaan harimau Sumatera ini sangat penting mengingat jumlah harimau Sumatera di alam liar hanya di sekitar 350 ekor.

Tiga bayi harimau itu hidup bersama induk mereka, Kartika dan Clarence, paman Kembali dan nenek Jumilah. Keluarga harimau itu menyemarakkan Taronga dan menjadi salah satu objek wisata di Sydney

Obyek wisata Australia ini menjadi viral karena dirancang mirip suasana di Indonesia. Kebun binatang Taronga atau Taronga Zoo menyulap salah satu wahananya mirip seperti Taman Nasional Way Kambas di Lampung.

Anak harimau sumatera koleksi Kebun Binatang Taronga, Sydney, yang lahir 17 Agustus 2019. (Taronga.org.au)

Nama wahananya Tiger Trek. Dinamakan begitu karena di sini turis bisa melihat langsung harimau Sumatera.

Selain mempelajari kehidupan harimau Sumatera yang saat ini terancam punah, turis bisa menikmati dan menjelajahi suasana desa seperti di Indonesia. Turis juga menemukan bahwa setiap manusia di dunia bisa mengambil peran untuk menyelamatkan spesies ini dari kepunahan dengan memilih sertifikasi minyak sawit berkelanjutan.

Seorang warga Indonesia pun sempat mengunggah pengalaman lawasnya menjelajahi kebun binatang itu. Dari video yang diunggah oleh @rapuncila, tampak suasana khas Indonesia di Tiger Trek. Ada toko kelontong, gerobak mi ayam dan tahu kupat.

Dalam videonya juga tampak konter pulsa, bengkel dan gerbang masuk yang dibuat seperti gerbang masuk Taman Nasional Way Kambas. Tiket masuk wahana di kebun binatang ini gratis.

TEMPO.CO | TERAS.ID