Cerita tentang Harimau Bonita Dibukukan

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Senin, 30 November 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Bonita adalah harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), yang sempat diamankan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau setelah terlibat konflik dengan manusia di Indragiri Hilir pada 2018.

Kisah Bonita ini dibukukan oleh jurnalis senior Haidir Anwar Tanjung dengan judul Bonita: Hikayat Sang Raja, yang diluncurkan, Jumat, 27 November 2020.

Baca juga: Bonita, Harimau Sumatera Paling Menyita Perhatian BKSDA Riau

Cerita tentang Bonita cukup panjang. BBKSDA Riau memerlukan waktu 2 tahun untuk bisa menangkapnya. Setelah menjalalani rehabilitasi, harimau betina ini kemudian dilepasliarkan pada Juli 2019 setelah diselamatkan dari areal kebun PT TH Indo Plantations Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir pada 3 Januari 2018.

Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) yang bernama Bonita ini akhirnya berhasil ditemukan oleh tim gabungan di hari ke 108, di Estate Eboni PT. Tabung Haji Indo Plantation (THIP), 20 April 2018. Usai ditangkap, Bonita dievakuasi ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya, Yayasan Arsari Djojohadikusumo. (facebook/Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan)

Sampul buku Bonita Hikayat Sang Raja karya Haidir Tanjung /akun facebook Haidir Tanjung

Pakar satwa liar dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Muhammad Ali Imron, mengatakan bahwa harimau adalah hewan liar yang dapat beradaptasi dengan manusia. Karakteristik itu disebut Imron bahkan dimiliki Bonita, seekor Harimau Sumatera yang pernah menerkam dan menewaskan dua orang di Indragiri Hilir, Riau, pada 2018 lalu.

"Jadi Bonita itu sebenarnya familiar dengan manusia. Ada truk tidak takut, ada motor tidak takut, dengan manusia juga tidak takut. Ini menunjukkan bahwa Bonita secara personality bisa beradaptasi dengan manusia," katanya di peluncuran buku Bonita: Hikayat Sang Raja

Menurut Imron ada beberapa karakteristik hewan liar, terutama dalam hal ini harimau, yang kerap terlibat konflik dengan manusia. Salah satunya adalah karena habitatnya telah terdegradasi. "Habitat itu, konfliknya terjadi di situ. Jarang konflik terjadi di dalam kawasan hutan," kata dia.

Karakteristik kedua adalah bahwa konflik kerap terjadi pada hewan liar yang mengalami kesulitan fisik. Bisa karena sakit atau sudah tua sehingga hewan itu kesulitan untuk menangkap satwa yang masih liar. "Maka mereka akan mengejar binatang yang mudah, seperti kerbauatau kambing, atau bahkan manusia," kata Imron menerangkan.

Karakteristik lainnya adalah karena individu hewan itu agresif. Tapi, Ali menambahkan, Bonita tidak termasuk dalam ketiga karakteristik tersebut. Dia mengatakan itu setelah membaca isi buku yang diluncurkan bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tersebut.

Imron menduga Bonita adalah individu Harimau Sumatera yang sedang mencari teritori karena hewan tersebut masih relatif muda dan sebenarnya familiar dengan manusia, memiliki kepribadian yang bisa beradaptasi dengan manusia. Dia menyerang justru karena merasa terancam.

Imron menyatakan itu berdasarkan cerita dalam dua kasus terbunuhnya dua orang yang disebutnya memberi gangguan kepada si raja hutan. "Pertama, almarhumah Jumiati itu kan latah dalam cerita itu. Kayak mukul-mukul, bales mukul. Itu yang kemudian membuat dia (Bonita) merasa terancam dan kemudian merasa ingin menyelamatkan juga."

Menurut Imron, hal yang sama juga muncul di cerita korban lain. "Dia juga membuat gangguan dengan cara melempar batu. Nah, ini yang saya kira memacu dia," kata Imron lebih lanjut.

Terkait konflik satwa liar dengan manusia, Imron menyarankan kepada pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk lebih memahami tiga karakteristik yang telah dipaparkannya sehingga bisa memberikan penanganan secara tepat. Selain itu, masyarakat di sekitar hutan, perlu diberi penyadaran dan edukasi sehingga mereka tidak malah menjadi korban karena tidak mengetahui cara penanganan ketika berhadapan dengan hewan liar.

TEMPO.CO | TERAS.ID