10 Masalah Lingkungan Terbesar 2020: Sampah sampai Deforestasi

Penulis : Betahita.id

SOROT

Senin, 28 Desember 2020

Editor :

BETAHITA.ID - Krisis iklim bergerak dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan kita tidak siap untuk itu. Meskipun krisis disebabkan  banyak faktor, ada beberapa yang membutuhkan perhatian lebih dari yang lain.

Berikut adalah 10 masalah lingkungan terbesar dalam hidup kita sepanjang 2020, dikutip dari laman Earth.org.

Tata Kelola yang Buruk

Menurut ekonom Nicholas Stern, krisis iklim adalah akibat dari banyak kegagalan pasar. Ekonom dan pemerhati lingkungan telah mendesak para pembuat kebijakan selama bertahun-tahun untuk menaikkan harga kegiatan yang mengeluarkan gas rumah kaca (salah satu masalah lingkungan terbesar kita), yang kekurangannya merupakan kegagalan pasar terbesar, misalnya melalui pajak karbon, yang akan merangsang inovasi dalam teknologi karbon skala rendah.

Aksi anak muda menuntut pemerintah agar menyetop penggunaan batu bara untuk menghadapi krisis iklim. Foto: Istimewa

Untuk memangkas emisi dengan cepat dan cukup efektif, pemerintah tidak hanya harus meningkatkan pendanaan secara besar-besaran untuk inovasi hijau guna menurunkan biaya sumber energi rendah karbon, tetapi mereka juga perlu mengadopsi serangkaian kebijakan lain yang menangani setiap kegagalan pasar lainnya.

Pajak karbon nasional saat ini diterapkan di 25 negara di seluruh dunia, termasuk berbagai negara di UE, Kanada, Singapura, Jepang, Ukraina, dan Argentina. Namun, menurut laporan Penggunaan Energi Pajak OECD 2019, struktur pajak saat ini tidak cukup selaras dengan profil polusi sumber energi. Misalnya, OECD menyatakan bahwa pajak karbon tidak cukup keras pada produksi batu bara, meskipun terbukti efektif untuk industri kelistrikan.

Pajak karbon telah diterapkan secara efektif di Swedia. Pajak karbon sebesar USD $ 127 per ton telah mengurangi emisi sebesar 25% sejak 1995, sementara ekonominya telah berkembang 75% dalam periode waktu yang sama.

Lebih lanjut, organisasi seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak cocok untuk menghadapi krisis iklim karena dibentuk untuk mencegah perang dunia. Bagaimanapun, anggota PBB tidak diberi mandat untuk mematuhi saran atau rekomendasi yang dibuat oleh organisasi.

Misalnya, Perjanjian Paris, sebuah kesepakatan dalam Konvensi Kerangka Kerja PBB  tentang Perubahan Iklim, menyatakan bahwa negara-negara perlu mengurangi emisi gas rumah kaca secara signifikan sehingga kenaikan suhu global di bawah 2 derajat Celcius pada tahun 2100, dan idealnya di bawah 1,5 derajat.

Tetapi menjalankan Perjanjian Paris adalah sukarela, dan tidak ada dampak nyata untuk ketidakpatuhan. Lebih lanjut, masalah ekuitas tetap diperdebatkan di mana negara-negara berkembang diizinkan untuk mengeluarkan lebih banyak untuk mengembangkan ke titik di mana mereka dapat mengembangkan teknologi untuk mengeluarkan lebih sedikit, dan ini memungkinkan beberapa negara, seperti Cina, untuk mengeksploitasinya.

Sampah makanan

Sepertiga dari makanan yang dimaksudkan untuk konsumsi manusia - sekitar 1,3 miliar ton - terbuang atau hilang. Ini cukup untuk memberi makan 3 miliar orang. Limbah dan kerugian makanan menyumbang 4,4 gigaton emisi gas rumah kaca setiap tahun; jika itu sebuah negara, limbah makanan akan menjadi penghasil gas rumah kaca ketiga tertinggi, di bawah Cina dan AS.

Pemborosan dan kehilangan makanan terjadi pada tahap yang berbeda di negara berkembang dan negara maju. Di negara berkembang, 40% limbah makanan terjadi pada tingkat pasca panen dan pengolahan, sedangkan di negara maju, 40% limbah makanan terjadi di tingkat ritel dan konsumen.

Di tingkat ritel, sejumlah besar makanan terbuang percuma karena alasan estetika. Di AS, lebih dari 50% dari semua produk yang dibuang di AS dilakukan karena dianggap "terlalu jelek" untuk dijual kepada konsumen - ini setara dengan 60 juta ton buah dan sayuran. Hal ini menyebabkan kerawanan pangan, salah satu masalah lingkungan terbesar dalam daftar.

Hilangnya Keanekaragaman Hayati

Dalam 50 tahun terakhir, konsumsi manusia, populasi, perdagangan global, dan urbanisasi mengalami pertumbuhan pesat, yang mengakibatkan manusia menggunakan lebih banyak sumber daya Bumi daripada yang dapat diperbarui secara alami.

Laporan WWF baru-baru ini menemukan bahwa populasi mamalia, ikan, burung, reptil dan amfibi telah mengalami penurunan rata-rata 68% antara tahun 1970 dan 2016. Laporan tersebut mengaitkan hilangnya keanekaragaman hayati ini dengan berbagai faktor, tetapi terutama perubahan pemanfaatan, konversi habitat di hutan, padang rumput, dan bakau, menjadi sistem pertanian. Hewan seperti trenggiling, hiu, dan kuda laut sangat terpengaruh oleh perdagangan satwa liar ilegal sehingga sangat terancam punah karenanya.

Lebih luas lagi, analisis terbaru menemukan bahwa kepunahan massal keenam satwa liar di Bumi semakin cepat. Lebih dari 500 spesies hewan darat berada di ambang kepunahan dan kemungkinan besar akan hilang dalam waktu 20 tahun; jumlah yang sama hilang selama abad terakhir ini. Para ilmuwan mengatakan bahwa tanpa perusakan alam oleh manusia, tingkat kehilangan ini akan memakan waktu ribuan tahun.

Polusi Plastik

Pada tahun 1950, dunia memproduksi lebih dari 2 juta ton plastik per tahun. Pada 2015, produksi tahunan ini membengkak menjadi 419 juta ton.

Sebuah laporan oleh jurnal sains, Nature, menyebutkan bahwa saat ini, sekitar 11 juta ton sampah plastik masuk ke lautan setiap tahun, merusak habitat satwa liar dan hewan yang hidup di dalamnya. Penelitian menemukan bahwa jika tidak ada tindakan yang diambil, ini akan meningkat menjadi 29 juta metrik ton per tahun pada tahun 2040. Jika kita memasukkan mikroplastik ke dalamnya, jumlah kumulatif plastik di laut dapat mencapai 600 juta ton pada tahun 2040.

Yang mengejutkan, National Geographic menemukan bahwa 91% dari semua plastik yang pernah dibuat tidak didaur ulang. Hal ini  tidak hanya menyebabkan salah satu masalah lingkungan terbesar dalam hidup kita, tetapi kegagalan pasar besar-besaran lainnya. Mengingat plastik membutuhkan waktu 400 tahun untuk terurai, maka dibutuhkan beberapa generasi hingga sampah plastik tersebut menyatu dengan alam.

Penggundulan hutan

Setiap menit, hutan seluas 20 lapangan sepak bola ditebang. Pada tahun 2030, planet ini mungkin hanya memiliki 10% dari hutannya. Jika deforestasi tidak dihentikan, semua hutan di dunia bisa hilang dalam waktu kurang dari 100 tahun.

Pertanian adalah penyebab utama deforestasi, salah satu masalah lingkungan terbesar lainnya yang muncul dalam daftar ini. Lahan dibuka untuk beternak atau untuk menanam tanaman lain yang dijual, seperti tebu dan kelapa sawit. Selain sebagai penyerap karbon, hutan membantu mencegah erosi tanah, karena akar pohon mengikat tanah dan mencegahnya hanyut, yang juga mencegah terjadinya longsor.

Tiga negara yang mengalami tingkat deforestasi tertinggi adalah Brasil, Republik Demokratik Kongo dan Indonesia. Namun Indonesia sedang mengatasi deforestasi, sekarang mengalami laju deforestasi terendah sejak awal abad ini.

Polusi udara

Penelitian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa diperkirakan 4,2 hingga 7 juta orang meninggal akibat polusi udara di seluruh dunia setiap tahun dan sembilan dari 10 orang menghirup udara yang mengandung polutan tingkat tinggi. Di Afrika, 258.000 orang meninggal akibat polusi udara luar ruangan pada 2017, naik dari 164.000 pada 1990, menurut UNICEF. Ini sebagian besar berasal dari sumber industri dan kendaraan bermotor, serta emisi dari pembakaran biomassa dan kualitas udara yang buruk akibat badai debu.

Di Eropa, laporan terbaru dari badan lingkungan Uni Eropa menunjukkan bahwa polusi udara berkontribusi pada 400.000 kematian tahunan di Uni Eropa pada tahun 2012 (tahun terakhir yang datanya tersedia).

Setelah pandemi Covid-19, perhatian diberikan pada peran polusi udara dalam mengangkut molekul virus. Studi pendahuluan telah mengidentifikasi korelasi positif antara kematian terkait Covid-19 dan polusi udara, dan ada juga hubungan yang masuk akal dari partikel di udara yang membantu penyebaran virus. Hal ini dapat menyebabkan tingginya angka kematian di China, di mana kualitas udaranya sangat buruk, meskipun studi yang lebih pasti harus dilakukan sebelum kesimpulan seperti itu dapat ditarik.

Pertanian

Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem pangan global bertanggung jawab atas sepertiga dari semua emisi gas rumah kaca yang disebabkan oleh manusia, di mana 30% berasal dari peternakan dan perikanan. Produksi tanaman melepaskan gas rumah kaca seperti dinitrogen oksida melalui penggunaan pupuk.

Sebanyak 60% dari area pertanian dunia didedikasikan untuk peternakan, meskipun hanya memenuhi 24% dari konsumsi daging global.

Pertanian tidak hanya mencakup sejumlah besar lahan, tetapi juga menghabiskan sejumlah besar air tawar, salah satu masalah lingkungan terbesar dalam daftar ini. Sementara lahan subur dan padang rumput merumput menutupi sepertiga permukaan tanah bumi, mereka mengkonsumsi tiga perempat dari sumber daya air tawar dunia yang terbatas.

Ilmuwan dan pemerhati lingkungan terus memperingatkan bahwa kita perlu memikirkan kembali sistem pangan kita saat ini; beralih ke pola makan nabati yang lebih banyak akan secara dramatis mengurangi jejak karbon industri pertanian konvensional.

Bahan Bakar Fosil

CO2 PPM (parts per million) berada pada 410 dan kenaikan suhu global 0,89 derajat Celcius.

Peningkatan emisi gas rumah kaca telah menyebabkan suhu meningkat, yang menyebabkan peristiwa bencana di seluruh dunia - baru tahun ini Australia mengalami salah satu musim kebakaran hutan paling dahsyat yang pernah tercatat, belalang berkerumun di beberapa bagian Afrika, Timur Tengah dan Asia , menghancurkan tanaman.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa planet ini telah melewati serangkaian titik kritis yang dapat menimbulkan konsekuensi bencana, mikroplastik ditemukan di es Antartika untuk pertama kalinya, gelombang panas di Antartika yang menyebabkan suhu naik di atas 20 derajat untuk pertama kalinya, peringatan tentang peningkatan pencairan permafrost di wilayah Arktik, lapisan es Greenland mencair dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, berita tentang percepatan kepunahan massal keenam, peningkatan deforestasi di hutan hujan Amazon, peringatan polusi udara yang memperburuk penyebaran COVID-19.

Cina mengalami banjir terparah dalam beberapa dekade, tingkat metana naik ke rekor tertinggi, lapisan es utuh terakhir Kanada runtuh, sebuah taman nasional di AS yang mencatat suhu tertinggi yang pernah tercatat di Bumi, 13% kematian di Uni Eropa dikaitkan dengan berbagai bentuk polusi, sebuah laporan yang mengatakan bahwa ukuran populasi satwa liar telah mengalami penurunan rata-rata 68% sejak 1970 dan kebakaran hutan yang memecahkan rekor di California yang telah menghalangi matahari– dan ini hanyalah sebagian kecil dari kejadiannya.

Krisis iklim menyebabkan badai tropis dan kejadian cuaca lainnya seperti angin topan, gelombang panas dan banjir menjadi lebih intens dan sering daripada yang terlihat sebelumnya. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa meskipun semua emisi gas rumah kaca dihentikan pada tahun 2020, pemanasan global hanya akan dihentikan sekitar tahun 2033. Sangat penting bagi kita untuk mengurangi emisi gas rumah kaca; Syukurlah, tahun ini akan menyaksikan serapan tertinggi proyek energi terbarukan di seluruh dunia.

Kutub Es Mencair

Krisis iklim menghangatkan Kutub Utara lebih dari dua kali lebih cepat dari tempat lain di planet ini. Lautan sekarang meningkat rata-rata 3,2 mm per tahun secara global, dan diperkirakan akan naik menjadi 0,2 sampai 2 meter pada tahun 2100. Di Kutub Utara, Lapisan Es Greenland menimbulkan risiko terbesar untuk permukaan laut karena mencairnya es daratan adalah yang utama. penyebab naiknya permukaan laut.

Ini merupakan masalah lingkungan yang bisa dibilang terbesar. Hal ini menjadi lebih mengkhawatirkan mengingat musim panas tahun lalu memicu hilangnya 60 miliar ton es dari Greenland, cukup untuk menaikkan permukaan laut global sebesar 2,2 mm hanya dalam dua bulan. Menurut data satelit, lapisan es Greenland kehilangan rekor jumlah es pada 2019: rata-rata satu juta ton per menit sepanjang tahun, salah satu masalah lingkungan terbesar yang berdampak panjang.

Jika seluruh lapisan es Greenland mencair, permukaan laut akan naik enam meter.

Sementara itu, benua Antartika menyumbang sekitar 1 milimeter per tahun untuk kenaikan permukaan laut, yang merupakan sepertiga dari kenaikan global tahunan.

Selain itu, lapisan es utuh terakhir di Kanada di Kutub Utara baru-baru ini runtuh, kehilangan sekitar 80 km persegi, atau 40%, dari luasnya selama dua hari pada akhir Juli, menurut Canadian Ice Service.

Kenaikan permukaan laut akan berdampak buruk bagi mereka yang tinggal di wilayah pesisir: menurut kelompok penelitian dan advokasi Climate Central, kenaikan permukaan laut abad ini dapat membanjiri wilayah pesisir yang sekarang menjadi rumah bagi 340 juta hingga 480 juta orang, memaksa mereka untuk bermigrasi. ke daerah yang lebih aman dan berkontribusi pada kelebihan penduduk dan ketegangan sumber daya di daerah tempat mereka bermigrasi.

Ketidakamanan Pangan dan Air

Peningkatan suhu dan praktik pertanian yang tidak berkelanjutan telah mengakibatkan meningkatnya ancaman kerawanan air dan pangan.

Secara global, lebih dari 68 miliar ton tanah lapisan atas terkikis setiap tahun dengan kecepatan 100 kali lebih cepat daripada yang dapat diisi ulang secara alami. Sarat dengan biosida dan pupuk, tanah berakhir di saluran air yang mencemari air minum dan kawasan lindung di hilir.

Selain itu, tanah yang terbuka dan tidak dilindungi tanaman keras lebih rentan terhadap angin dan erosi air karena kurangnya sistem akar dan miselium yang menyatukannya. Penyumbang utama erosi tanah adalah pemboran yang berlebihan: meskipun dalam jangka pendek meningkatkan produktivitas dengan mencampurkan unsur hara permukaan (misalnya pupuk), mengolah secara fisik merusak struktur tanah dan dalam jangka panjang menyebabkan pemadatan tanah, kehilangan kesuburan dan pembentukan kerak permukaan yang memperburuk erosi lapisan tanah atas.

Dengan populasi global yang diperkirakan akan mencapai 9 miliar orang pada pertengahan abad, Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) memproyeksikan bahwa permintaan pangan global dapat meningkat hingga 70% pada tahun 2050. Di seluruh dunia, lebih dari 820 juta orang melakukannya tidak cukup makan.

Sekretaris Jenderal PBB António Guterres mengatakan, "Kecuali jika tindakan segera diambil, semakin jelas bahwa akan ada keadaan darurat keamanan pangan global yang dapat berdampak jangka panjang pada ratusan juta orang dewasa dan anak-anak." Dia mendesak negara-negara untuk memikirkan kembali sistem pangan mereka dan mendorong praktik pertanian yang lebih berkelanjutan.

Dalam hal keamanan air, hanya 3% dari air di dunia adalah air tawar, dan dua pertiganya tersimpan di gletser beku atau tidak tersedia untuk kita gunakan.

Akibatnya, sekitar 1,1 miliar orang di seluruh dunia kekurangan akses ke air, dan total 2,7 miliar merasa kekurangan air setidaknya selama satu bulan dalam setahun. Pada tahun 2025, dua pertiga dari populasi dunia mungkin menghadapi kekurangan air.

Meskipun ini adalah beberapa masalah lingkungan terbesar yang mengganggu planet kita, masih banyak lagi yang belum disebutkan, termasuk penangkapan ikan berlebihan, perluasan perkotaan, situs sumber daya beracun yang berlebihan, dan perubahan penggunaan lahan. Meskipun ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dalam merumuskan respons terhadap krisis, mereka harus terkoordinasi, praktis, dan menjangkau cukup jauh untuk membuat banyak perbedaan.