Rekor Baru, 2020 Jadi Tahun Terpanas

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Minggu, 17 Januari 2021

Editor :

BETAHITA.ID - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan tahun 2020 sebagai tahun dengan suhu tertinggi yang pernah diukur, Kamis, 21 Januari 2021. Ini melampaui rekor sebelumnya pada 2016 dengan perbedaan kurang dari sepersepuluh derajat. 

Metode yang berbeda digunakan oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) yang menilai tahun 2020 sedikit lebih dingin dibandingkan 2016. Sedangkan Kantor Meteorologi Inggris menempatkan 2020 di posisi kedua tahun dengan suhu tertinggi sejauh ini. 

Walau ada perbedaan minor, kumpulan dataset milik badan-badan tersebut menunjukkan pemanasan jangka panjang planet Bumi akibat pembakaran bahan bakar fosil, penggundulan hutan, dan aktivitas manusia lainnya yang bersifat merusak lingkungan. 

Tujuh tahun terpanas dunia yang pernah tercatat terjadi sejak 2014, dengan 15 dataset terhangat terjadi selama 15 tahun terakhir. Dengan rekor terbaru tersebut, disimpulkan bahwa suhu global berada di atas rata-rata abad ke-20 selama 44 tahun berturut-turut. 

Kebakaran menghancurkan area hutan alami di wilayah hutan Amazon, Brazil, September 2020. Foto: Christian Braga/Greenpeace

Ilmuwan mengatakan suhu rata-rata akan terus meningkat karena besarnya jumlah gas rumah kaca yang terlepas ke atmosfer. 

“Ini bukan normal baru,” kata Gavin Schmidt, Direktur Goddard Institute untuk Penelitian Luar Angkasa NASA dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 Januari 2021. 

“Ini hanyalah awal dari apa yang akan terjadi di masa mendatang,” katanya.