Orangutan Masuk Kebun Nanas di Palangka Raya

Penulis : Betahita.id

Biodiversitas

Rabu, 27 Januari 2021

Editor :

BETAHITA.ID -  Orangutan dengan bobot 80 kilogram masuk kebun nanas milik warga di Jalan Hiu Putih Ujung, Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya. Orangutan itu diduga kehabisan makanan di habitat aslinya.

Baca juga Orangutan Boncel Kembali ke Desa setelah Ditranslokasi, Kenapa?

Peristiwa itu terjadi pada Minggu, 24 Januari 2021. Warga yang mengetahui keberadaan orangutan tersebut langsung melaporkannya ke BKSDA Kalimantan Tengah.BKSDA mengirim tim penyelamatan ke lokasi dan mendapati orangutan itu berjenis kelamin jantan serta berusia sekitar 30 tahun.

Butuh sekitar empat jam sebelum tim berhasil mengevakuasi orangutan tersebut dari kebun nanas untuk kembali dilepasliarkan di Hutan Penyangga Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah.

Orangutran borneo. Foto: Terry Sunderland/CIFOR

"Diduga satwa yang dilindungi tersebut masuk dari hutan yang berada di ujung kawasan Jalan Hiu Putih," kata anggota Polisi Hutan Muda SKW I BKSDA Kalimantan Tengah, Dumei, saat diminta konfirmasinya pada Senin 25 Januari 2021.

Orangutan itu disebutkannya sengaja mencari makan di kebun nanas yang tengah berbuah itu. Dumei juga memastikan orangutan dalam kondisi sehat setelah sempat diperiksa oleh tim dokter dari Yayasan BOSF Nyaru Menteng.

Baca juga:
Tidur di Hutan Makannya di Kebun, Orangutan Dibius Dievakuasi

"Setelah kami rescue kemarin, orangutan tersebut langsung kami lepas liarkan ke Hutan Penyangga Taman Nasional Sebangau," katanya.

TEMPO | TERAS