Menteri Mahfud: Waspadai Kemarau dan Kebakaran Hutan Tahun ini

Penulis : Tim Betahita

Karhutla

Rabu, 10 Februari 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD meminta agar semua pihak meningkatkan kewaspadaan dan melakukan tindakan pencegahan dalam menghadapi musim kemarau yang bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tahun ini.

"Kita harus mengarahkan langkah-langkah kita ke depan pada upaya-upaya tersebut, baik melalui pencegahan dengan kewaspadaan dalam monitoring cuaca, tidak harus menunggu sampai musim kemarau tiba," kata Mahfud saat membuka Rakorsus Pengendalian Karhutla Tahun 2021 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Selasa 9 Februari 2021.

Mahfud pun mengingatkan agar semua pihak memberikan perhatian serius dalam penanganan dan pencegahan karhutla dan juga menjalankan Inpres No.3 Tahun 2020 tentang Penanggulanan Kebakaran Hutan dan Lahan.

"Kita sudah punya pengalaman banyak sejak tahun 2015 dan sudah seharusnya kita bisa menangani lebih baik lagi dan lebih sistematis," kata Mahfud dalam keterangannya. 

Beberapa relawan pemadaman kebakaran berlari memasuki areal yang terbakar di Taman Nasional Tanjung Puting, Oktober 2015 lalu,/Foto: Raden Ariyo Wicaksono Betahita,id

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh sejumlah kementerian dan lembaga dibahas evaluasi terhadap penanganan karhutla, serta langkah-langkah persiapan ke depan dalam menghadapi puncak karhutla tahun ini.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menekankan bahwa penanganan karhutla menjadi perhatian serius pemerintah karena setiap tahun Presiden Jokowi memberikan arahan langsung kepada jajaran kementerian/lembaga, Pemerintah Daerah, TNI, dan Polri terkait hal ini.

Menurut Mahfud MD, penanganan yang serius membuktikan bahwa kasus kebakaran hutan dan lahan terus menurun. Tahun 2020, luas kebakaran hutan dan lahan tercatat sebanyak 296.942 hektare, angka ini jauh lebih kecil dibanding kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2015 yakni 2,61 juta hektare.

TEMPO