Tim BKSDA Evakuasi Orangutan dari Kebun di Kotawaringin Timur

Penulis : Sandy Indra Pratama

Satwa

Senin, 15 Februari 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Tim petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantang Tengah berhasil mengevakuasi orangutan di sebuah kebun karet milik warga.

Saat ditemukan satu orangutan dewasa dan seekor anak orangutan itu  terpaksa ditembak bius agar petugas mudah melakukan evakuasi.

Dua ekor orangutan -yang dewasa berusia 25 tahun dan berbobot 40,9 kilogram dan anak orangutan yang berusia 3 tahun dan berbobot 5 kilogram- itu kemudian dibawa ke Sampit dan diteruskan ke Pangkalan Bun untuk menjalani rehabilitasi.

“Perlu observasi terlebih dahulu, jiksa sudah memungkinkan baru dilepasliarkan,” ujar Komandan Jaga BKSDA Kalimantan Tengah Pos Sampit, Muriansyah, seperti dikutip Antaranews.com.

Salah satu dari 2 orangutan yang dikembalikan dari Thailand ke Indonesia, 17/12/2020. (Dok.Phys.org)

Selepas melakukan evakuasi, tim juga terus melakukan penyisiran untuk berjaga jika masih ada orangutan yang lainnya. Pada 2020 lalu, kata Muriansyah tercatat ada tiga kejadian masuknya orangutan ke pemukiman atau area hidup manusia. Namun semua kejadian tahun lalu itu pihaknya tidak sempat melakukan evakuasi.

Muriansyah lantas menghimbau warga agar tidak ragu untuk melaporkan jika adanya kejadian semacam ini. Sebab, lanjutnya, upaya evakuasi semacam ini bukan hanya menjaga manusia dari hewan liar, melainkan lebih kepada upaya pelestarian satwa, terutama orangutan.

“Orangutan adalah satwa liar yang dilindungi oleh undang-undang sehingga tidak boleh dipelihara, diperejualbelikan apalagi dibunuh,” ujarnya.