52 Paus Pilot Terdampar di Madura, Hanya 3 Hidup

Penulis : Tim Betahita

Lingkungan

Sabtu, 20 Februari 2021

Editor :

BETAHITA.ID - Sebanyak 49 ekor paus pilot sirip pendek (short finned pilot whale) atau Globicephala macrorhynchus yang terdampar di Perairan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur sejak Kamis, 18 Februari 2021, satu persatu ditemukan mati di Pesisir Pantai Desa Patereman, Kecamatan Modung, Jumat, 19 Februari 2021.

Data Polsek Modung menyebut ada 49 ekor paus yang terdampar. Dari jumlah itu, hanya 3 ekor yang hidup. Paus yang selamat ini telah dilepaskan kembali tengah lautan. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyaksikan langsung prosesi ini.

Baca Juga: Sekelompok Paus Pilot Terdampar di Sabu Raijua, 10 Tewas

Kepala Polsek Modung, Polres Bangkalan, AKP Suwaji mengatakan sejak kemunculan pertama kali pada Kamis pagi dan terus bertambah banyak hingga sore, nelayan Modung sudah berusaha menghalau gerombolan paus kembali ke tengah laut. "Rupanya, mereka kembali lagi malam harinya dan sebagian sudah mati," kata dia.

Paus pilot sirip pendek (short finned pilot whale) atau Globicephala macrorhynchus yang terdampar di Perairan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur sejak Kamis, 18 Februari 2021. (Dok.KLHK)

Menurut Suwaji, rencananya para paus itu akan dikubur Sabtu, 20 Februari 2021 menggunakan alat berat. Sebelum dikubur, tim Fakultas Kedokteran Hewan Unair Surabaya mendatangi lokasi dan melakukan semacam 'otopsi' untuk mengambil beberapa sample guna mengetahui penyebab matinya. "Saya sedang di laut ini, menemani tim dari Unair," katanya.

TEMPO | TERAS