Banjir Batalkan Seluruh Perjalanan Kereta api dari Jakarta

Penulis : Sandy Indra Pratama

Perubahan Iklim

Senin, 22 Februari 2021

Editor :

BETAHITA.ID -  Seluruh perjalanan kereta api jarak jauh dan lokal dari Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta kembali dibatalkan keberangkatannya pada hari ini, Senin 22 Februari 2021. Hal itu disampaikan oleh Kepala Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa melalui keterangan resminya.

Pembatalan seluruh jadwal keberangkatan kereta ini karena banjir di Jakarta yang menggenangi sejumlah lintasan kereta api, sehingga tidak memungkinkan dilakukan perjalanan. "Di area Daop 1 Jakarta dampak dari cuaca ekstrem terjadi di petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang Km 55 +100 s.d KM 53+600 yang sempat terendam banjir pada Minggu 21 Feb 2021 dengan ketinggian air sampai dengan 150cm di atas Kop Rel," kata Eva.

Bahkan, banjir yang terjadi tidak hanya membuat rel tergenang, tetapi juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus sehingga butuh proses perbaikan. PT KAI akan melakukan perbaikan tersebut dengan menggandeng sejumlah pihak. Atas gangguan yang terjadi dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses perbaikan, Eva menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh konsumen.

"PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA," ujar dia.

Banjir di Kalsel (januari 2021) (Dok.Radio Abdi Persada FM/kalselprov.go.id)

Mempertimbangkan aspek keselamatan, PT KAI terpaksa kembali membatalkan seluruh kereta baik jarak jauh maupun lokal yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada hari ini.

"Selain pembatalan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh, seluruh perjalanan KA Lokal relasi Cikarang - Purwakarta (PP) yang operasionalnya melintasi jalur tersebut juga dibatalkan," kata dia.

| Kompas.com