Riau Siapkan 30 Ribu Hektare Lahan untuk Proyek Food Estate

Penulis : Tim Betahita

Lingkungan

Jumat, 12 Maret 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Gubernur Riau Syamsuar mengatakan bahwa Riau telah melakukan persiapan untuk pembangunan lumbung pangan (food estate) pada lahan yang dicadangkan seluas 30.000 hektare.

"Pemprov Riau telah mengajukan permohonan kepada Menteri Pertanian, dan telah menyiapkan lahan seluas 30.000 hektar dengan harapan Riau juga bisa dibangun lumbung pangan baru," kata Syamsuar dalam keterangannya dari Jakarta, kemarikn.

Dia mengatakan Menteri Pertanian bahkan telah menugasi Dirjen dan kepala Litbang untuk meninjau ke lapangan untuk mendukung program yang telah diusulkan tersebut.

Selanjutnya, Dirjen dan Litbang segera menindaklanjuti usulan tersebut dan berkomunikasi langsung dengan pejabat-pejabat yang telah ditunjuk agar lumbung pangan baru ini dapat segara terealisasi.

Kawasan hutan produksi seluas hampir 600 hektare, di wilayah Desa Tewai Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas, dibuka untuk dijadikan perkebunan monokultur singkong, salah satu program PSN Food Estate./Foto: Dokumentasi Save Our Borneo

"Pemprov Riau akan mempersiapkan lokasi kemudian menyiapkan petaninya sekaligus diharapkan selanjutnya dari staf Kementerian turun ke lapangan untuk melakukan survei sehingga nanti dapat dipastikan dari luas yang diusulkan itu berapa yang bisa dibangun untuk lumbung pangan baru," katanya.

Komoditasnya adalah padi, jagung dan terintegrasi juga dengan beberapa jenis tanaman perkebunan juga dikembangkan sejumlah tanaman yang bernilai ekonomi tinggi," katanya.

Sementara itu pencadangan lahan seluas 30.000 hektare tersebut belum dikerjakan sama sekali dan nantinya Menteri Pertanian akan menugaskan staf untuk meninjau ke lapangan baru ditetapkan lokasinya yang mana dulu digarap.

"Areal tanaman pangan di Riau kini sudah mengalami peningkatan mulai dari tahun 2019, 2020 dari lahan seluas 5.000 hektare berkembang menjadi 7.500 hektare," katanya. Ia berharap dukungan dari Pemerintah berupa bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) yang sangat dibutuhkan petani. 

TERAS.ID|