Tanah Papua Bersiap Lockdown Sepanjang Bulan Agustus

Penulis : Tim Betahita

Lingkungan

Kamis, 22 Juli 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Provinsi Papua berencana akan menerapkan karantina wilayah (lockdown) dengan menutup semua akses masuk dan keluar Papua mulai 1 Agustus sampai dengan 30 Agustus 2021 mendatang.

Juru Bicara Gubernur Provinsi Papua, Rifai Darus mengatakan, kebijakan itu ditempuh untuk mengendalikan pandemi Covid-19 di wilayah Papua agar tidak semakin parah.

Gubernur Lukas Enembe sebelumnya juga meminta kepada masyarakat di provinsi itu agar melakukan persiapan dan mengantisipasi rencana menutup akses keluar masuk.

"Direncanakan, Provinsi Papua akan menutup akses keluar dan masuk, baik jalur penerbangan maupun perairan. Penutupan tersebut diperkirakan akan berlangsung pada 1 Agustus - 31 Agustus 2021," kata Darus, dalam keterangan resmi yang dilansir cnbcIndonesia.

Pedagang noken dan kerajinan khas Papua di Merauke. (Betahita)

Rifai mengatakan, kebijakan ini nantinya akan dibahas dan dimatangkan lebih lanjut pada rapat evaluasi oleh Tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua pada Rabu 21 Juli 2021 menindaklanjuti dari hasil Rapat Terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin, 19 Juli 2021 lalu berkenaan dengan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Setelah rapat tersebut, Gubernur Lukas Enembe kemudian mengumpulkan sejumlah pejabat Pemprov Papua dengan agenda pandemi Covid-19 dan akan melakukan evaluasi secara berkala terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berskala Mikro di Provinsi Papua yang masih akan berlaku sampai dengan 25 Juli 2021.

Lukas juga meminta kepada seluruh pemangku kepentingan terkait agar dapat bersinergi dan bergerak lebih cepat dalam menangani wabah Corona di Papua.

Pada Rabu kemarin, pemerintah melaporkan tambahan kasus baru Corona (Covid-19) sebanyak 38.325. Selain itu ada sebanyak 29.791 pasien sembuh dan 1.280 kasus meninggal karena Corona.

Data Satgas Covid-19 dari Kementerian Kesehatan mencatat, total positif Corona secara kumulatif sejak Maret 2020 hingga hari ini berjumlah 2.950.058 dan kasus sembuh kumulatif sebanyak 2.323.666.

Sementara itu, pasien Corona yang meninggal di RI mencapai 76.200 orang hingga hari ini. Untuk Papua, ada penambahan hari ini 260 orang dan Papua Barat ada 325 orang.

Di sisi lain, Papua juga menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar pada 2-15 Oktober mendatang.