IUCN Luncurkan Status Hijau Baru untuk Pemulihan Spesies Terancam

Penulis : Kennial Laia

Satwa

Kamis, 29 Juli 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Alat konservasi baru dapat membantu pemulihan ribuan spesies fauna dan tumbuhan terancam, sehingga memungkinkan satwa seperti badak sumatra kembali berkembang, demikian pernyataan dari International Union for Conservation of Nature.

Selama ini ilmuwan fokus pada pemantauan seberapa dekat spesies terancam punah dengan kepunahan, dan secara teratur memperbarui tingkat keparahan risiko pada daftar merah IUCN. Daftar ini mencakup satwa liar ikonik seperti  gorila gunung dan tanaman bunga langka seperti anggrek mulut tambahan Bayard. 

Kini, standar global baru yang dikenal sebagai ‘status spesies hijau IUCN’ akan membantu memberikan gambaran yang lebih kaya tentang status konservasi spesies dengan merinci seberapa dekat dengan pemulihan ukuran populasi dan kesehatan aslinya.

Standar tersebut disusun oleh lebih dari 200 ilmuwan dari 171 institusi selama 10 tahun. Penilaian pertama untuk 181 spesies telah diterbitkan dalam jurnal Conservation Biology, Rabu, 28 Juli 2021. Spesies itu termasuk merpati merah muda yang ditemukan di Mauritius, serigala abu-abu dan bakau Kandelia obovata di Asia Timur. 

Badak sumatera, Ratu, dengan anaknya di Suaka Rhino Sumatera, Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Foto: International Rhino Foundation

Dengan menganalisis jumlah populasi historis spesies, distribusi saat ini, keberhasilan upaya konservasi sebelumnya dan habitat yang layak, standar baru akan memungkinkan para peneliti untuk merencanakan jalan menuju pemulihan untuk beberapa dari satu juta spesies yang terancam punah di Bumi, mayoritas karena aktivitas manusia. 

Para peneliti mencontohkan burung condor california. Saat ini hanya ada 201 burung yang cukup umur untuk berkembang biak di alam liar dan mereka secara eksklusif ditemukan di Arizona dan California selatan, sehingga diklasifikasikan sebagai ‘sangat terancam punahdalam daftar merah IUCN.  Namun, penilaian status hijau pertama menemukan bahwa upaya konservasi yang berkelanjutan dapat menghasilkan peningkatan besar selama abad berikutnya hingga hampir 75% dari keadaannya yang pulih sepenuhnya. 

Molly Grace, peneliti di Universitas Oxford yang memimpin pengembangan alat status hijau IUCN, mengatakan penilaian baru dapat memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang ancaman terhadap spesies yang berisiko dan potensi konservasinya. 

"Risiko kepunahan, yang telah kami gunakan untuk mengukur kemajuan konservasi selama beberapa dekade, adalah hal yang sangat mutlak. Suatu spesies berisiko punah atau tidak. Pemulihan, bagaimanapun, adalah relatif,” kata Grace dalam pernyataan tertulis yang diunggah di situs resmi IUCN, Rabu, 28 Juli 2021.

Burung condor california, yang sempat berstatus sangat terancam punah, kini mengalami peningkatan pemulihan hingga 75%. Foto: Eric Kolb via IUCN.org

Setiap spesies ada dalam kelimpahan yang berbeda dan distribusi yang berbeda di seluruh planet ini, sehingga pemulihan harus diukur secara relatif. Kami telah membuat definisi pemulihan standar yang menangkap seperti apa setiap spesies individu dan mengukur kemajuan dari nol hingga 100%, terangnya.

Saat mengembangkan metrik, para ilmuwan tidak secara eksklusif menganalisis status spesies tumbuhan dan hewan yang paling berisiko terancam punah. Para peneliti mengamati spesies seperti serigala abu-abu, yang tidak terancam tetapi jauh dari pemulihan ekologis di habitat aslinya.  

Ada juga capung sungai clubtail yang sekarang diklasifikasikan sebagai spesies yang paling tidak diperhatikan dalam daftar merah IUCN setelah undang-undang lingkungan membantu meningkatkan kesehatan sungai dan mengurangi polusi air di Eropa. 

“Capung sudah mencapai pemulihan penuh. Itu tidak berjalan dengan baik di masa lalu tetapi, karena beberapa peraturan UE, air yang tercemar dibersihkan dan spesies dapat sepenuhnya pulih di seluruh jangkauannya dan menjadi berfungsi secara ekologis lagi, ”kata Grace. “Kami memang melihat berita bagus, kata Grace.  

Spesies dengan status hijau

Merpati merah muda

Populasi burung karismatik dan endemik Mauritius di alam liar turun menjadi sekitar 10 pada awal 1990-an. Berbagai ancaman penebangan, spesies invasif dan krisis iklim, membuat spesies ini terdaftar sebagai rentan terhadap kepunahan.  

Penilaian status hijau baru menunjukkan keberhasilan konservasi, dengan beberapa ratus burung dewasa sekarang ditemukan di selatan pulau. Namun, penilaian tersebut juga memperingatkan bahwa masa depannya tergantung pada perlindungan dan pengelolaan ancamannya.  

Bettong penggali

Satwa bernama bettong penggali dari Australia. Walau berisiko rendah terhadap kepunahan, satwa ini masih jauh dari pemulihan ekologis. Foto: AAP 

Marsupial kecil yang ditemukan di beberapa bagian Australia ini telah dipilih oleh para ilmuwan sebagai contoh spesies yang berisiko rendah terhadap kepunahan namun  masih jauh dari mencapai pemulihan ekologis penuh.  

Meskipun secara historis memiliki jangkauan yang luas, mamalia ini hampir punah karena pengenalan spesies invasif, dengan bertahan hanya di empat pulau pada 1950. Meskipun hanya terdaftar sebagai hampir terancam dalam daftar merah, klasifikasi status hijaunya sangat berkurang, menyoroti seberapa banyak pemulihan tergantung pada pemberantasan spesies invasif. 

Badak sumatra

Sejak 1996, badak sumatra telah diklasifikasikan sebagai sangat terancam punah dan populasinya pun terus menurun. Upaya konservasi sejauh ini tidak berhasil namun potensi pemulihan yang besar menjadi salah satu pertimbangan klasifikasi status hijaunya.

Kemajuan dalam teknologi pemuliaan dan upaya pemeliharaan dapat membantunya bangkit kembali,  sehingga nantinya dapat memperkenalkan kembali badak di daerah-daerah yang telah lama kehilangan.