Pohon Terbesar di Dunia Terancam Bencana Kebakaran

Penulis : Tim Betahita

Karhutla

Sabtu, 18 September 2021

Editor :

BETAHITA.ID -  Pemadam kebakaran membungkus ‘selimut’ tahan api di sekeliling pangkal pohon terbesar di dunia di saat kobaran api membara di Taman Nasional Sequoia Nevada, California.

Pohon General Sherman dan beberapa pohon sequoia lainnya serta Museum Hutan Raksasa yang ada di Taman Nasional Sequoia dibungkus oleh pelindung agar terselamatkan oleh api, jelas juru bicara pemadam kebakaran, Rebeca Paterson kepada The Guardian.

Pembungkus itu terbuat dari alumunium yang dapat menahan panas yang intensif untuk waktu yang singkat. Melansir dari The Guardian, pembungkus ini sudah digunakan di Amerika Serikat bagian barat selama beberapa tahun terakhir untuk melindungi hal-hal yang sensitif terhadap api. Rumah-rumah yang terbungkus oleh alumunium dapat terselamatkan, sementara yang tidak terlindungi hancur terbakar. 

Dua kebakaran hebat yang dinamakan Colony dan Paradise fires telah meningkat selama seminggu. Lebih dari 350 petugas pemadam kebakaran bersama helikopter dan pesawat penjatuh air telah dikerahkan untuk memerangi kobaran api. Colony fires telah berkobar Taman Nasional Sequoia dan diperkirakan akan mencapai ke bagian Hutan Raksasa (Giant Forest) yang terdapat sekitar 2.000 pohon sequoia, termasuk pohon terbesar di dunia, General Sherman.

Pohon Jenderal Sherman yang merupakan pohon terbesar di dunia. (Flickr)

“Ini adalah area yang sangat penting bagi banyak orang, jadi banyak upaya khusus yang dilakukan untuk melindungi hutan ini,” jelas juru bicara Taman Nasional Sequoia dan King Canyon, Rebeca Paterson kepada LA Times.

Pohon General Sherman merupakan pohon jenis sequoia yang terbesar secara volume di dunia dengan 1.487 meter kubik, berdasarkan National Park Service. Tingginya hampir 84 meter dengan keliling permukaan 31 meter.

Berdasarkan volumenya, General Sherman adalah pohon berbatang tunggal terbesar yang diketahui hidup di bumi dan diperkirakan berusia sekitar 2.300 hingga 2.700 tahun.

Sementara itu, melansir dari BBCnews, para peneliti mengatakan bahwa pohon sequoia sangat tahan api dan telah berevolusi untuk bertahan dari api. Kebakaran Paradise dan Colony, yang dipicu oleh petirs, telah menyebar di semak belukar yang terjal di Sierra Nevada.

Kebakaran tersebut merupakan terbaru dalam musim panas panjang di California. Lebih dari 7.400 kebakaran hutan telah terjadi di California sejak awal tahun ini, menghanguskan lebih dari 2,2 juta hektar hutan dan perumahan.

Kejadian ini semakin sulit diatasi akibat suhu yang lebih tinggi dan kondisi kekeringan yang ekstrim. Perubahan iklim meningkatkan risiko cuaca panas dan kering yang kemungkinan akan memicu kebakaran hutan.

Kekeringan yang terjadi dan gelombang panas akibat perubahan iklim telah membuat kebakaran hutan lebih sulit untuk dilawan di Amerika bagian barat. Para peneliti mengatakan perubahan iklim telat membuat wilayah itu jauh lebih panas dan kering dalam 30 tahun terakhir dan akan terus membuat cuaca lebih ekstrim sehingga kebakaran hutan akan lebih sering terjadi.

Penulis: Syifa Dwi Mutia, reporter magang di betahita.id