Australia Menghadapi Gelombang Kepunahan Flora dan Fauna Asli

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Rabu, 24 November 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Australia dapat menghadapi gelombang kepunahan tumbuhan dan hewan pada 2050, kecuali jika mengambil tindakan segera untuk mengatasi ancaman spesies invasif. Sebuah laporan menemukan bahwa masalah tersebut telah menelan biaya setidaknya USD25 miliar per tahun, dikutip dari The Guardian.

Penelitian yang dilakukan oleh Badan Sains Nasional Australia, CSIRO dan Center for Invasive Species Solutions, melihat skala ancaman yang disebabkan oleh kelinci, kucing liar, katak beracun, gulma, penyakit seperti karat myrtle dan penyakit lainnya serta hama pengganggu lainnya.

Mereka berpendapat spesies invasif adalah ancaman nomor satu bagi satwa liar Australia, dengan lebih dari 80 persen tanaman, hewan, dan habitat terancam yang terdaftar secara nasional terkena dampaknya. Para ilmuwan menyerukan pengembangan teknologi baru yang mendesak yang dapat digunakan untuk mendeteksi, membasmi, dan mencegah hama invasif.

Mereka memperingatkan masalah ini berkembang dan gelombang baru kepunahan mamalia menjulang di seluruh Australia utara, karena kebakaran hebat dan penggembalaan yang berlebihan oleh sapi, babi, dan kerbau liar menghilangkan tempat berlindung dan memudahkan kucing liar untuk berburu.

Sebuah laporan CSIRO baru tentang spesies invasif telah menemukan bahwa Australia dapat menghadapi gelombang kepunahan spesies asli tanpa tindakan segera terkait masalah ini. Foto: Hugh Mcgregor

"Sangat penting untuk mengatasi spesies asing invasif sekarang," kata Andy Sheppard, Direktur Penelitian Biosekuriti di CSIRO .

Sheppard mengatakan, ancaman yang ditimbulkan oleh spesies invasif diperparah oleh faktor lain, seperti perubahan penggunaan lahan dan krisis iklim, dengan meningkatnya bencana alam yang menciptakan peluang bagi hewan liar dan gulma untuk menyebar.

"Kita harus mengatasi perubahan iklim tetapi jika Anda hanya fokus pada hal itu dan bukan penyebab lain hilangnya keanekaragaman hayati, itu hanya akan menjadi lebih buruk," katanya.

Laporan tersebut menemukan bahwa kelinci, yang menempati dua pertiga wilayah Australia, adalah ancaman terbesar, diikuti oleh kucing liar, babi, rubah, dan kodok tebu.

Sheppard mengatakan, kelinci memiliki dampak besar pada banyak tanaman endemik Australia dan penggembalaan mereka mencegah regenerasi tanaman di daerah di mana satwa liar sudah terancam oleh faktor lain seperti perusakan habitat yang disebabkan oleh pertanian.

Dia mengatakan meskipun ada langkah-langkah pengendalian biologis yang efektif untuk mengurangi dampaknya terhadap pertanian, Australia sejauh ini tidak dapat mengurangi populasi kelinci ke jumlah yang cukup rendah untuk menghentikan kerusakan yang diakibatkannya terhadap lingkungan.

Laporan itu menemukan, tanaman invasif juga menyebabkan malapetaka di lahan pertanian, hutan dan sabana. Australia sekarang memiliki lebih dari 2.700 spesies gulma yang sudah ada--angka yang tumbuh 20 spesies baru setiap tahun--atau satu gulma baru setiap 18 hari.

Masalah lain yang paling dikhawatirkan para peneliti adalah karat murad, penyakit tanaman invasif yang sudah mengancam setidaknya tiga tanaman asli dengan kepunahan.

"Ada bagian Australia yang masih bisa masuk dan menyebabkan dampak buruk bagi flora asli," kata Sheppard.

Laporan tersebut menemukan bahwa spesies invasif telah menelan biaya ekonomi USD390 miliar selama 60 tahun terakhir dan biaya saat ini setidaknya USD25 miliar per tahun. Angka itu, yang kemungkinan terlalu rendah, termasuk biaya pengelolaan, biaya pertanian, dan juga biaya kerugian lingkungan sejauh data tersedia untuk mengukurnya.

Ini menyerukan investasi mendesak dan pengembangan teknologi yang dapat meningkatkan deteksi dan pengawasan spesies yang terancam di perbatasan Australia, khususnya pelabuhan di mana hama baru dapat masuk melalui kegiatan seperti perdagangan hewan peliharaan ilegal. Para peneliti mengatakan pemerintah harus mempercepat teknologi genetik yang muncul yang dapat mengendalikan, mencegah dan membasmi hama kucing liar tersebut.

Kepala eksekutif Pusat Solusi Spesies Invasif, Andreas Glanznig mengatakan, program kesadaran publik juga diperlukan untuk membantu menemukan dan membasmi spesies invasif.

"Tantangannya adalah agar semua warga Australia bekerja sama untuk menghentikan masalah ini agar tidak semakin parah. Bersama-sama kita dapat bekerja untuk menurunkan tingkat kepunahan spesies asli Australia–saat ini lebih dari empat spesies dalam satu dekade–menuju kepunahan nol bersih," katanya.