PM Trudeau Dinilai Gagal Kurangi Emisi

Penulis : Sandy Indra Pratama

Perubahan Iklim

Sabtu, 27 November 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Pengawas lingkungan Kanada menyatakan upaya pengurangan emisi pemerintah telah gagal. Pengawas mengecam pemerintah Liberal Perdana Menteri Justin Trudeau atas upaya yang tidak koheren dan dirancang dengan buruk untuk memperlambat perubahan iklim.

Kanada tidak pernah memenuhi target untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. Pemerintah Trudeau, yang berkuasa sejak 2015, menyatakan akan memangkas emisi setidaknya 40% pada 2030 dari tingkat 2005, dan akan menjadikan Kanada netral karbon pada 2050.

“Selama 30 tahun terakhir, Kanada telah berubah dari pemimpin iklim menjadi tertinggal di belakang negara maju lainnya meskipun ada upaya baru-baru ini,” kata Komisaris Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan Jerry DeMarco.

Banjir parah di British Columbia bulan ini, yang oleh beberapa ahli dikaitkan dengan perubahan iklim, menewaskan sedikitnya empat orang dan menghanyutkan rel kereta api dan jalan.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. (Flickr)

“Pembelian pipa minyak Trans Mountain oleh pemerintah pada tahun 2018, dalam upaya untuk menyelesaikan ekspansi yang menghadapi tentangan keras, adalah contoh inkoherensi kebijakan dengan kemajuan menuju komitmen iklim,” tulis DeMarco.

Perluasan pipa yang diusulkan, hampir tiga kali lipat kapasitasnya, masih dalam pembangunan. Trudeau mengatakan Kanada masih akan membutuhkan bahan bakar fosil selama beberapa dekade mendatang. Dia menambahkan bahwa pembelian itu akan membantu provinsi penghasil energi Alberta.

DeMarco juga mengkritik program Dana Pengurangan Emisi departemen Sumber Daya Alam, yang bertujuan untuk mendukung keuangan perusahaan minyak dan gas yang berjuang dengan harga rendah tahun lalu, sambil mempercepat upaya untuk mengekang emisi.

"Program ini tidak dirancang untuk memastikan pengurangan emisi yang berkelanjutan, atau nilai uang," tulisnya.

Dalam pernyataan bersama, Menteri Lingkungan Steven Guilbeault dan Menteri Sumber Daya Alam Jonathan Wilkinson membela upaya pemerintah.

"Kami yakin bahwa kami telah menempatkan dasar-dasar untuk membawa perjuangan iklim Kanada ke tingkat berikutnya," kata mereka.

Pemerintah Trudeau memperkenalkan harga karbon dan berencana untuk membatasi emisi dari sektor minyak dan gas.