Papua: Pimpinan KKB Yahukimo Ditangkap Satgas Nemangkawi

Penulis : Tim Betahita

Hukum

Minggu, 28 November 2021

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Satuan Tugas Nemangkawi menangkap Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo, Demius Magayang alias Temianus Magayang.

Demius ditangkap di bilangan lokasi perusahaan PT Indopapua, Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, sekitar pukul 12.00 pada Sabtu (27/11).

"Bertempat di seputaran PT Indopapua jalan gunung distrik Dekai Kabupaten Yahukimo telah dilakukan penangkapan terhadap DPO Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo Demius Magayang," kata juru bicara Satgas Nemangkawi Komisaris Besar Kamal Mustofa, dalam keterangan resminya.

Demius ditangkap setelah dirinya ditembak pada lutut dan pergelangan kaki kiri. Penangkapan Demius dilakukan oleh aparat yang menyamar menjadi warga biasa yang mengendarai mobil truk namun mogok di tengah jalan atau lokasi yang ditentukan.

ilustrasi kekerasan. (Pixabay)

Beberapa saat usai mobil yang ditumpangi aparat mogok, rombongan Demius yang terdiri dari lima orang dengan menaiki mobil Hilux melintas.

"Demius Magayang alias Temius Magayang melintas di TKP dan Tim langsung melakukan penangkapan terhadap Demius Magayang alias Temius Magayang bersama empat orang lainnya," kata dia.

Dalam penangkapan itu, aparat turut mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya seperti satu pucuk senjata api pendek rakitan, delapan butir amunisi terdiri dari kaliber 5,56, tujuh butir dan kaliber 7,62, hingga ponsel.

Demius kini telah dilarikan ke RSUD Dekai untuk menjalani perawatan akibat luka tembak. Namun, Demius dijadwalkan akan menjalani perawatan lanjutan di Jayapura.

Demius Magayang merupakan Komandan Operasi KKB Kodap XVI Wilayah Yahukimo. Ia DPO atas rentetan kasus pembunuhan di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo.

Demius, kata Kamal, antara lain terlibat dalam kasus penganiayaan berat terhadap Staf KPUD Yahukimo Henry Jovinski, pembunuhan di jalan bandara pada 18 Mei 2021 dengan korban bernama Muhamad Toyib. Lalu, pembunuhan dua anggota Satgas Pamrahwan 432 / SWJ di ujung bandara nop goliat Dekai.

Sebelumnya, Ratusan warga di Distrik Suru-suru, Kabupaten Yahukimo, Papua mengamankan diri ke hutan setelah akhir pekan lalu terjadi insiden penembakan TNI oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Warga memilih mengungsi ke hutan karena khawatir dengan aksi kekerasan susulan. Yahukimo dan sekitarnya memang diultimatum sebagai wilayah perang KKB.