Lebih dari 400 Stasiun Cuaca di Dunia Catat Rekor Suhu Tertinggi

Penulis : Tim Betahita

Perubahan Iklim

Sabtu, 08 Januari 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Lebih dari 400 stasiun cuaca di seluruh dunia mencapai rekor suhu tertinggi sepanjang masa pada tahun 2021. Hal ini diungkap oleh salah seorang ahli iklim yang telah mengumpulkan catatan cuaca selama lebih dari 30 tahun.

Maximiliano Herrera melacak cuaca ekstrem di seluruh dunia, dan menerbitkan daftar rekor tahunan yang dipecahkan pada tahun sebelumnya. Herrera serta banyak ahli klimatologi dan meteorologi lainnya yang mengikuti isu ini memperkirakan bahwa tahun 2021 mungkin tidak akan menjadi tahun terpanas dalam sejarah. 

Sebaliknya, tahun 2021 kemungkinan besar akan berada di lima atau enam teratas. Tren ini telah terjadi selama enam tahun terakhir, yang berturut-turut mencatat enam rekor tertinggi. Dilaporkan The Guardian, NOAA dan NASA juga akan mempublikasikan hasil analisis cuaca dan suhu beberapa hari ke depan.

Menurut Herrera, rekor panas kini telah menjadi norma baru. Pada 2021, sebanyak 10 negara mencapai suhu tertinggi nasional, di antaranya Oman, Uni Emirat Arab, Kanada, Amerika Serikat, Maroko, Turki, Taiwan, Italia, Tunisia dan Dominika. Sementara itu, 107 negara mengalahkan rekor suhu tinggi bulanannya, dan lima mengalahkan rekor suhu rendah bulanan.

Kebakaran di Afidnes, wilayah di dekat Athena, Yunani. Foto: EPA

Beberapa benua dan planet juga masuk catatan. Afrika mengalami bulan Juni dan September terhangat yang pernah ada. Agustus membawa 48,8C (119,8F) di Syracuse, Italia, suhu tertinggi yang pernah tercatat di Eropa.

Juli telah membawa 54.4C (130F) di Furnace Creek di Death Valley AS – suhu tertinggi yang tercatat secara andal di Bumi. (Suhu yang tercatat sebagai 129,9F pada tahun 2020 juga dibulatkan menjadi 130F).

Namun, ada beberapa peristiwa khusus yang sangat menonjol bagi para ilmuwan. Bagi ahli meteorologi Patricia Nying'uro, salah satu pendiri Climate Without Borders yang berbasis di Departemen Meteorologi Kenya, dua musim hujan yang gagal berturut-turut di Kenya tidak biasa, dan memaksa pemerintah untuk mengorganisir bantuan makanan untuk pertama kalinya setelah bertahun-tahun.

“Anda tentu dapat melihat efek perubahan iklim pada cuaca kita di Kenya, dan secara global. Kami baru saja mengumpulkan data untuk tahun 2021, tetapi kami pikir kami akan melihat suhu tahunan 2,1C lebih tinggi dari biasanya untuk beberapa bagian negara. Pergeserannya sangat terlihat, dari satu ekstrem ke ekstrem lainnya dalam waktu yang sangat singkat.

Ahli meteorologi Scott Duncan, yang mengumpulkan data cuaca dunia, menunjuk pada gelombang panas musim panas Eropa yang telah memecahkan rekor di sejumlah negara – dan disertai dengan kebakaran hutan di sekitar Mediterania.

Sebelumnya gelombang panas ini didahului oleh Maret yang panas, serta kejutan dingin yang tajam di awal April yang menghancurkan banyak bisnis pertanian di Prancis. Juli berikutnya, terjadi banjir bandang termasuk di Jerman.  

Peristiwa itu benar-benar menonjol bagi saya.” Duncan juga menyoroti panas di Alaska pada bulan Desember, di mana sejumlah rekor dipecahkan dengan selisih yang besar. “Itu luar biasa.”

Menurut Administrasi Meterologi Cina, negara tirai bambu juga mengalami tahun terpanasnya. Namun hujan yang melanda provinsi tengah Henan benar-benar mengejutkan, yang menerima lebih banyak  hujan dalam tiga hari ketimbang jumlah yang diterima dalam setahun penuh. Dampaknya, ratusan orang tewas, tanaman dan rumah hancur, dan pembersihan masih berlanjut.

Wakil kepala Pusat Iklim Nasional Jia Xiaolong mengatakan situasi tahun 2021 tidak normal. Pemanasan adalah tema utama iklim Cina pada tahun 2021. Dalam konteks pemanasan global, cuaca ekstrem dan peristiwa iklim yang berulang telah menjadi norma, yang juga merupakan tantangan besar bagi pencegahan dan mitigasi bencana.”

Peristiwa cuaca tidak biasa utama lainnya pada 2021 adalah gelombang panas Siberia di musim panas, dan suhu dingin yang hebat di Texas pada Februari. Hampir 200 orang tewas dan jutaan rumah mati listrik.

Tetapi peristiwa penting tahun 2021 bagi komunitas meteorologi dan klimatologis adalah gelombang panas ekstrem yang melanda pantai barat Amerika Serikat pada Juni/Juli.

Gelombang panas ini menyebabkan kubah panas dan memecahkan rekor hingga 5C di beberapa tempat. Pada saat itu, Geert Jan van Oldenborgh (yang meninggal pada Oktober 2021) dari Institut Meteorologi Kerajaan Belanda menyebutnya "jauh melampaui batas" dan "mengejutkan serta mengguncang".

“Tentu saja 2021 penuh dengan kejadian ekstrim,” kata Herrera. “Namun jika saya harus menyebutkan satu, saya akan menyebutkan apa yang mengejutkan setiap ahli iklim dan meteorologi di dunia.” Herrera menjuluki acara tersebut sebagai "ibu dari semua gelombang panas".

“Saya akui, saya tidak akan pernah percaya ini bahkan secara fisik tidak mungkin. Besarnya peristiwa ini melampaui apa pun yang saya lihat setelah seumur hidup meneliti peristiwa ekstrem di semua sejarah iklim dunia modern dalam beberapa abad terakhir.”

THE GUARDIAN