Petani di Inggris Akan Dibayar Negara Untuk Pulihkan Lahannya

Penulis : Tim Betahita

Agraria

Senin, 10 Januari 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID -  Petani di Inggris akan menerima uang tunai dari pemerintah untuk membangun kembali tanah mereka. Hal ini diharapkan dapat menyebabkan lahan luas yang baru dikelola untuk melestarikan spesies, menyediakan habitat bagi satwa liar dan memulihkan kesehatan sungai dan sungai.

Program tersebut merupakan bagian dari rencana proyek pemulihan alam skala besar yang baru-baru ini diumumkan pemerintah Inggris. Ada sekitar 10-15 kelompok petani yang diundang untuk menjadi proyek percontohan. Masing-masing mencakup setidaknya 500 hektare hingga 5.000 hektare dengan total sekitar 10.000 hektare dalam fase dua tahun pertama.  

Fauna langka seperti kadal pasir, tikus air, dan burung curlew akan menjadi sasaran, dengan tujuan meningkatkan status sekitar setengah dari spesies paling terancam di Inggris.

Saat ini belum ada kepastian mengenai pendanaan dari pemerintah. Namun, jumlah total yang tersedia untuk skema itu diperkirakan akan mencapai £700 juta - £800 juta per tahun pada 2028. Pada tahun 2042, pemerintah Inggris bertujuan untuk memiliki hingga 300.000 hektare yang dicakup oleh proyek “pemulihan lanskap” ini.

Area pertanian milik petani di Inggris. Foto: bilaterals.org

Pemerintah Inggris juga berencana menawarkan pembayaran kepada petani Inggris untuk “pemulihan alam lokal”. Tindakan skala kecil yang diambil di pertanian mereka dapat mencakup menanam lebih banyak pohon, memulihkan lahan gambut atau lahan basah, dan meninggalkan ruang untuk habitat satwa liar. Pembayaran ini, yang akan terungkap akhir tahun ini, juga akan mencapai hingga £800 juta per tahun pada tahun 2028.

Namun beberapa pengkampanye hijau masih skeptis jika rencana dan pendanaan tersebut akan cukup untuk menghentikan hilangnya kelimpahan spesies liar dan mengelola 30 persen lahan pada 2030. Serta memastikan bahwa petani membantu memecahkan iklim krisis atau menambah deretan masalahnya.

THE GUARDIAN