Meski Ada Sanksi, Perusahaan AS Masih Impor Jati dari Myanmar

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Hutan

Sabtu, 15 Januari 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Perusahaan-perusahaan Amerika masih mengimpor kayu jati dari Myanmar meskipun ada sanksi yang dijatuhkan setelah militer negara itu merebut kekuasaan tahun lalu, sebut sebuah laporan yang didasarkan atas data perdagangan, Selasa (11/1/2022) kemarin.

Jati adalah salah satu kayu keras yang paling berharga, digunakan di kapal pesiar, lantai rumah, pintu, bingkai jendela dan furnitur. Myanmar adalah penghasil kayu terbesar, meskipun hutan alamnya semakin menipis.

Data dari database perdagangan global Panjiva menunjukkan, importir Amerika masih menerima pengiriman kayu jati dari negara Asia Tenggara baru-baru ini pada Desember, meskipun sanksi diberlakukan sejak April tahun lalu. Tren serupa telah dilaporkan dari Eropa.

Kelompok hak asasi manusia Justice for Myanmar mengumpulkan data tersebut. Mereka mendesak AS dan pemerintah lain untuk menindak perdagangan jati sejalan dengan sanksi terhadap kepemimpinan militer Myanmar itu.

Seorang pekerja menandai kayu sebelum mengangkutnya di halaman di Wuntho, divisi Sagaing utara, Myanmar, 27 Juni 2016. Perusahaan-perusahaan Amerika masih mengimpor kayu jati dari Myanmar meskipun ada sanksi yang dijatuhkan setelah militer merebut kekuasaan tahun lalu, sebuah laporan berdasarkan data perdagangan kata Selasa, 11 Januari 2022./Foto: AP Photo/Gemunu Amarasinghe

Sanksi Departemen Keuangan AS itu diumumkan pada 21 April 2021, isinya melarang transaksi dengan Myanmar Timber Enterprise, sebuah perusahaan milik Negara Myanmar di bawah Kementerian Negara Sumber Daya Alam dan Konservasi Lingkungan. Itu mengawasi ekspor kayu dan menjual ke perusahaan swasta melalui lelang.

Sanksi tersebut melarang semua transaksi dengan perusahaan atau orang-orang yang berhubungan dengannya oleh orang dan perusahaan AS. Itu juga menjatuhkan sanksi kepada menteri yang diangkat militer sebagai Menteri Sumber Daya Alam dan Konservasi Lingkungan.

Uni Eropa memberlakukan sanksi serupa pada Juni. Mereka juga melarang transaksi dengan Perusahaan Patungan Produk Hutan Myanmar.

Namun, penjualan dan pengiriman kayu jati dan kayu keras berharga lainnya ke AS terus berlanjut. Kayu tersebut tiba dalam 82 pengiriman berbeda antara 1 Februari dan 30 November 2021, terutama papan jati dan barang kayu lainnya yang digunakan dalam pembuatan kapal, dek luar ruangan, konstruksi, dan furnitur. Dengan membeli melalui perantara, importir menghindari sanksi, menurut laporan tersebut.

“Mengingat bahwa sanksi bertujuan untuk memblokir perdagangan dengan MTE, dan kayu yang diekspor dari Myanmar awalnya dilelang oleh MTE. Militer Myanmar masih menerima dana dari perdagangan tidak peduli siapa yang secara resmi mengekspor kayu,” kata laporan itu.

Ini mendesak pemerintah AS untuk menegakkan sanksi dan untuk menyelidiki kemungkinan pelanggaran pembatasan. Tidak jelas di mana persisnya jati itu berakhir, karena diimpor oleh pemasok kayu untuk konstruksi dan pabrikan lain. Tapi jati sering digunakan untuk furnitur teras, penghiasan dan kapal pesiar karena fleksibilitas dan daya tahannya.

Militer Myanmar, dipimpin oleh Jenderal Senior Min Aung Hlaing, menggulingkan pemerintah terpilih dari Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Aung San Suu Kyi pada 1 Februari 2021 lalu. Suu Kyi ditangkap dan didakwa dengan sekitar selusin kejahatan. Pada hari Senin, pemenang Hadiah Nobel Perdamaian yang berusia 76 tahun itu dijatuhi hukuman empat tahun penjara, di atas hukuman dua tahun yang diperintahkan kepadanya untuk menjalani kasus-kasus sebelumnya.

Pengambilalihan militer telah menarik demonstrasi nasional tanpa kekerasan, yang telah ditumpas oleh pasukan keamanan dengan kekuatan mematikan, menewaskan lebih dari 1.400 warga sipil, menurut daftar terperinci yang disusun oleh Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Protes damai terus berlanjut, tetapi perlawanan bersenjata terhadap tindakan keras telah dibangun, sampai-sampai para ahli PBB telah memperingatkan negara itu bisa meluncur ke perang saudara.

Kayu adalah salah satu industri paling berharga di Myanmar yang kaya sumber daya, menghasilkan jutaan dolar setahun dalam bentuk pajak dan pendapatan ekspor. Satu lelang yang diadakan pada bulan Juni dari sekitar 10.300 ton kayu yang dipanen secara ilegal yang disita oleh pemerintah Suu Kyi menghasilkan pendapatan USD5 juta, kata laporan berita lokal. Militer Myanmar menjual kayu itu dari tumpukan sekitar 200.000 ton kayu ilegal, kata laporan itu.

Myanmar mulai mengizinkan perusahaan swasta untuk mendirikan perkebunan jati dan kayu lainnya pada 2006 lalu, mengakhiri monopoli negara atas industri tersebut. Pada 2014, pemerintah melarang ekspor semua kayu mentah, mencabut larangan kayu dari perkebunan milik negara dan swasta tetapi tetap memberlakukannya untuk kayu dari hutan alam.

Ekspor jati harus melalui proses persetujuan khusus. Tetapi sebagian besar kayu jati yang dikirim ke luar negeri diselundupkan melintasi perbatasan darat. Data dari Panjiva hanya kayu jati yang dikirim langsung dari Myanmar, bukan ekspor lain melalui tujuan antara seperti Eropa Timur, Taiwan, dan Thailand.

Sanksi-sanksi yang terkait dengan kudeta tersebut tumpang tindih dengan pembatasan impor kayu jati lainnya yang dimaksudkan untuk melindungi hutan tropis yang semakin menipis, mengingat jati dan beberapa spesies lainnya berada dalam bahaya kepunahan di alam liar.

Uni Eropa memiliki persyaratan ketat untuk mendokumentasikan asal-usul setiap batang kayu atau papan kayu. Para pemasok Myanmar sering kali tidak memberikan bukti yang jelas bahwa kayu yang diekspor telah dipanen secara legal, demikian ditunjukkan oleh kelompok lingkungan dan laporan UE.

AP News