Dibanding Jantan, Simpanse Betina Cenderung Hindari Manusia

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Minggu, 06 Maret 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Penelitian terbaru menunjukkan, simpanse (Pan troglodytes) betina lebih kecil kemungkinannya dibandingkan jantan untuk pergi dekat desa dan lahan pertanian yang digunakan oleh manusia.

Para ilmuwan mengamati simpanse di habitat hutan alami mereka, dan ketika mereka mendekati desa dan lahan pertanian.

Kumpulan simpanse--kerabat terdekat kita yang masih hidup--menjadi lebih kecil di dekat area yang digunakan manusia, sebagian besar karena lebih sedikit betina yang pergi ke tempat-tempat ini.

Penelitian oleh University of Exeter dan Bulindi Chimpanzee and Community Project, Uganda ini adalah yang pertama meneliti bagaimana bentang alam yang didominasi manusia memengaruhi kehidupan sosial simpanse.

Sekelompok simpanse jantan dan betina beristirahat di sebuah taman di tepi hutan./Foto: Matthew McLennan

"Hewan liar dipaksa untuk mengubah perilaku mereka karena risiko hidup bersama manusia," kata penulis utama Zoe Satsias, mahasiswa Master Konservasi dan Keanekaragaman Hayati di University of Exeter.

Simpanse ini bertemu dengan manusia, anjing peliharaan, dan ternak lainnya setiap hari, saat mencari makan tanaman seperti nangka, dan ini sering menyebabkan konflik.

"Pertanian menimbulkan risiko lebih lanjut bagi simpanse karena terkadang ada jerat atau jebakan, dan dekat dengan jalan--termasuk jalan beraspal utama yang membagi wilayah jelajah mereka."

Dr Matt McLennan, yang menjalankan Bulindi Simpanse dan Proyek Komunitas, menambahkan, simpanse jantan tampaknya tidak terganggu oleh prospek bertemu orang, dan bahkan bersedia untuk terlibat dalam konfrontasi dengan penduduk desa.

"Tapi betina--terutama mereka yang memiliki keturunan tanggungan--cenderung menghindari kontak dengan manusia, yang menjelaskan mengapa subkelompok lebih kecil di luar hutan."

Para peneliti mengukur hubungan sosial di antara anggota kelompok dengan mengamati simpanse mana yang sering berdekatan.

“Sementara laki-laki dan perempuan sama-sama sentral dalam jaringan sosial mereka di dalam hutan, di lahan pertanian dan daerah desa yang lebih berisiko, inti dari jaringan sosial didominasi secara eksklusif oleh laki-laki,” kata Dr. Kimberley Hockings, dari Pusat Ekologi dan Konservasi di Kampus Penryn Exeter di Cornwall.

"Studi kami menyoroti bagaimana simpanse jantan dan betina beradaptasi secara berbeda terhadap gangguan manusia, dan menunjukkan perbedaan persepsi risiko antara kedua jenis kelamin."

Perbedaan jenis kelamin ini dapat memiliki konsekuensi luas yang mempengaruhi kelangsungan hidup simpanse di habitat yang cepat berubah.

"Penghindaran area tertentu oleh betina--mengakibatkan mereka berada di pinggiran jaringan sosial mereka--dapat mengganggu penyebaran informasi dan mengurangi kesempatan belajar sosial bagi simpanse muda, yang berpotensi menekan pembelajaran perilaku baru yang dapat membantu mereka bertahan hidup," kata Dr Hockings.

Makalah ini diterbitkan dalam jurnal Animal Behavior berjudul: "Tanggapan khusus jenis kelamin terhadap risiko antropogenik membentuk jejaring sosial simpanse liar dalam lanskap yang berdampak pada manusia."