212 Spesies Ikan Baru Ditemukan Selama 2021

Senin, 28 Maret 2022

BETAHITA.ID - Seekor ikan bernama Wolverine, seekor belut buta yang ditemukan di sumur sekolah untuk orang buta di Mumbai, dan spesies kecil yang sedikit lebih panjang dari thumbnail yang membantu penelitian neurofisiologi.

Ini adalah di antara 212 spesies ikan air tawar yang secara resmi tercatat sebagai spesies baru pada tahun 2021 dan ditampilkan dalam laporan baru oleh Shoal, sebuah inisiatif konservasi spesies air tawar.

Di antara mereka ada 29 spesies yang baru dideskripsikan dari Afrika, termasuk tiga dari Afrika Selatan--Amphilius engelbrechti, Amphilius zuluorum dan Enteromius mandelai. Tujuh spesies baru lainnya baru dideskripsikan di Angola, sementara masing-masing empat secara resmi tercatat di Malawi dan Republik Demokratik Kongo.

Di Malawi, spesies yang baru dideskripsikan adalah Metriaclima gallireya, cichlid langka yang hidup di cangkang gastropoda di dasar Danau Malawi .

Lentipes kijimuna gobi adalah salah satu dari dua ikan air tawar yang ditemukan di pulau Okinawa, Jepang. Gobi lainnya adalah Lentipes bunagaya. Keduanya dinamai roh hutan./Foto: Ralf Britz

Setiap tahun ratusan spesies ikan air tawar ditemukan dan dideskripsikan oleh para ilmuwan untuk pertama kalinya, menurut laporan tersebut.

“Setiap penemuan baru membuktikan masih banyak keajaiban dunia di bawah permukaan sungai, danau, dan lahan basah di planet ini yang masih belum diketahui.”

Rata-rata, empat spesies ikan air tawar dideskripsikan setiap minggu tahun lalu dan, dengan sekitar sepertiga dari ikan air tawar terancam punah.

“Ini adalah perlombaan untuk menemukan dan mendeskripsikan spesies untuk memberi mereka peluang terbaik untuk bertahan hidup”.

"Setiap spesies baru memperdalam pemahaman kita tentang evolusi, menginformasikan pengetahuan tentang hubungan antara spesies, organisme lain dan lingkungannya, dan membantu menentukan prioritas konservasi”, kata Shoal.

Penemuan-penemuan tersebut dapat mengarah pada penelitian yang memperdalam pengetahuan tentang kehidupan manusia. Misalnya, otak besar Danionella, yang ditemukan di sungai keruh di Myanmar selatan, digunakan dalam penelitian neurofisiologis, dengan konsekuensi untuk memahami fungsi otak pada manusia.

"Makhluk kecil ini telah duduk di bawah hidung ahli saraf setidaknya selama lima tahun sebelum ditemukan sebagai spesies baru," kata laporan itu.

"Tampilan perilaku yang kompleks, ditambah dengan anatomi yang luar biasa di mana atap tengkorak hilang dan otak ditutupi oleh lapisan tipis kulit, telah membuat Danionella cerebrum menjadi model organisme dalam penelitian neurofisiologis."

Secara kebetulan, belut buta Mumbai berwarna merah terang, Rakthamichthys mumba, ditemukan di dasar lubang sumur 12m di halaman sekolah untuk orang buta. Ia tidak memiliki mata, sirip atau sisik dan merupakan spesies ikan air tawar bawah tanah pertama yang benar-benar buta yang dideskripsikan dari Ghats Barat Utara di India.

Wolverine pleco yang dinamai dengan tepat, Hopliancistrus wolverine, ditemukan di cekungan Rio Xingu di Brasil, memiliki tiga odontoda kokoh yang tersembunyi di bawah penutup insangnya, yang digunakannya secara defensif untuk menusuk apa pun yang mengancam. “Para peneliti melaporkan jari berdarah berulang kali saat menanganinya,” menurut laporan itu.

Ikan gobi Kijimuna dan Bunagaya yang “berwarna-warni”, Lentipes kijimuna dan Lentipes bunagaya, dari Okinawa, Jepang, dinamai berdasarkan roh hutan dari cerita rakyat pulau itu.

Para ilmuwan, kata laporan itu, berusaha keras untuk menemukan dan menggambarkan keanekaragaman ikan yang menakjubkan di planet ini, menghadapi masalah besar di sepanjang jalan, termasuk kurangnya sumber daya dan kurangnya minat pemerintah, “belum lagi kesulitan dan risiko yang terkait dengan pekerjaan lapangan di wilayah seperti Amazon dan hutan-hutan Asia Tenggara”.

“Mereka menghadapi perjuangan berat untuk menggambarkan keanekaragaman hayati yang luar biasa ini sebelum hilang selamanya. Di zaman kepunahan ini, ekosistem air tawar lah yang menjadi ujung tajam irisannya. Dengan segudang ancaman termasuk bendungan, polusi, penangkapan ikan yang tidak berkelanjutan, dan spesies invasif, sekitar satu dari tiga spesies ikan air tawar terancam punah.”

Shoal mengatakan edisi 2021 laporannya akan menjadi yang pertama dari rilis tahunan laporan spesies baru, untuk membantu meningkatkan kesadaran dan meningkatkan peluang konservasi keanekaragaman hayati air tawar menerima dana yang sangat dibutuhkan.

“Kami sangat senang dengan kesempatan untuk membantu menceritakan kisah spesies, dan berharap kami dapat menarik perhatian mereka, dan mendorong orang untuk bertindak membantu menyelamatkan mereka sebelum terlambat,” kata Mike Baltzer, direktur eksekutifnya.

Mail & Guardian