Nama Penyanyi Taylor Swift Jadi Nama Spesies Baru Kaki Seribu

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Biodiversitas

Kamis, 21 April 2022

Editor : Sandy Indra Pratama

BETAHITA.ID - Nama Taylor Swift, penyanyi-penulis lagu AS yang terkenal dengan hits seperti "Shake It Off" dan "You Belong With Me", dipilih sebagai nama untuk spesies baru kaki seribu, yakni Nannaria swiftae. Pemilihan nama Taylor Swift ini sebagai penghargaan dan pengakuan atas bakatnya sebagai penulis dan pelantun lagu.

Kaki seribu cakar bengkok Nannaria swiftae ini merupakan salah satu dari 17 spesies baru kaki seribu yang berhasil dideskripsikan oleh tim ahli entomologi dari Virginia Polytechnic Institute and State University, dari penelitian di Pegunungan Appalachian di Amerika Serikat. Temuan 17 spesies kaki seribu baru ini diterbitkan dalam jurnal Zookeys.

Penulis utama makalah, Dr. Derek Hennen dan rekan-rekannya dari Virginia Polytechnic Institute and State University mengatakan, invertebrata yang kurang dikenal ini memiliki peran berharga sebagai pengurai: memecah serasah daun, mereka melepaskan nutrisinya ke dalam ekosistem.

“Mereka hidup di dasar hutan, di mana mereka memakan daun yang membusuk dan bahan tanaman lainnya, dan pada kenyataannya, mereka agak sulit ditangkap, karena mereka cenderung tetap terkubur di dalam tanah, kadang-kadang tetap sepenuhnya di bawah permukaan,” kata Dr. Derek Hennen.

Kaki seribu cakar bengkok yang baru dideskripsikan, Nannaria swiftae./Foto: Dr. Derek Hennen

Nannaria adalah kumpulan kaki seribu bertubuh kecil yang tersebar di Amerika Utara bagian timur. Kaki seribu ini biasanya berwarna cokelat kastanye hingga hitam dengan pola bimaculata oranye hingga merah, atau bintik-bintik putih; jarang mereka mungkin juga memiliki garis-garis.

Karena kehadiran mereka di koleksi museum, para ilmuwan lama menduga bahwa kaki seribu Nannaria termasuk banyak spesies baru, tetapi spesimen ini tidak terdeskripsikan selama beberapa dekade. Untuk memperbaikinya, Dr. Hennen dan rekan penulis memulai proyek multi-tahun untuk mengumpulkan spesimen baru di seluruh AS bagian timur.

Mereka melakukan perjalanan ke 17 negara bagian AS, memeriksa di bawah serasah daun, bebatuan, dan batang kayu untuk menemukan spesies sehingga mereka dapat mengurutkan DNA mereka dan mendeskripsikannya secara ilmiah.

Melihat lebih dari 1.800 spesimen yang dikumpulkan pada studi lapangan mereka atau diambil dari koleksi universitas dan museum, para peneliti menggambarkan 17 spesies baru, termasuk Nannaria marianae (dinamai istri Dr. Hennen) dan Nannaria swiftae (dinamai penyanyi dan penulis lagu AS Taylor Swift).

Nannaria swiftae hanya diketahui dari Tennessee dan telah dikumpulkan di kabupaten berikut: Cumberland, Monroe, dan Van Buren,” kata para penulis.

“Spesies ini telah dikumpulkan di hutan mesic dengan hemlock, maple, oak, tuliptree, witch hazel, dan pinus, pada ketinggian mulai dari 481 m hingga 1.539 m.”

Nama spesifiknya adalah kata benda dalam kasus genitif yang diturunkan sebagai matronim, dan dinamai untuk menghormati artis Taylor Swift, sebagai pengakuan atas bakatnya sebagai penulis dan penyanyi lagu, dan juga sebagai penghargaan atas kenikmatan musiknya telah membantu Derek Hennen menyelesaikan studinya.

"Musiknya membantu saya melewati suka dan duka di sekolah pascasarjana, jadi memberi nama spesies kaki seribu baru dengan namanya adalah cara saya mengucapkan terima kasih," kata Derek Hennen.

SCI-News