40 Aktivis XR Ditangkap dalam Protes Bahan Bakar Fosil di London

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Energi

Jumat, 22 April 2022

Editor :

BETAHITA.ID - Enam orang telah ditangkap setelah aktivis Extinction Rebellion (XR), termasuk dua Olympians, menaiki sebuah kapal tanker minyak di London barat. Polisi Metropolitan mengatakan, total 40 orang ditangkap pada Sabtu pekan lalu dalam sejumlah protes di seluruh ibu kota.

Kanois peraih medali emas Etienne Stott, bersama dua orang lainnya, naik ke kapal tanker Shell di Bayswater Road dengan spanduk bertuliskan "Akhiri kotoran fosil".

Kemudian pada hari Sabtu, dua demonstran XR memanjat Marble Arch di pusat kota London untuk menggantung spanduk ketika protes terhadap bahan bakar fosil berlanjut selama hari ketujuh. Seorang pria dan seorang wanita memanjat dua pilar untuk mengibarkan spanduk hijau, yang lebarnya sekitar 10 meter dan bertuliskan “Akhiri bahan bakar fosil sekarang”, sesaat sebelum pukul 18.00 BST.

Di jalan di sebelah Marble Arch, sekelompok aktivis mengunci diri di mobil, sementara dua menempel di atap.

Etienne Stott (duduk, kiri) dan aktivis XR lainnya di atas kapal tanker minyak di Bayswater, London./Foto: Vuk Valcic/Zuma Press Wire/Rex/Shutterstock

“Saya bertindak untuk mencoba mengganggu industri bahan bakar fosil beracun yang menghancurkan semua yang kita sayangi. Saya berharap kita bisa memperlambatnya cukup lama untuk menciptakan momen di mana semua orang bisa berhenti dan berpikir ke mana kita akan pergi dan mengubah arah," ujar Etienne Stott.

“Saya sadar bahwa tindakan saya akan menyebabkan kemarahan banyak orang dan saya siap untuk dimintai pertanggungjawaban. Tetapi pemerintah kita juga harus bertanggung jawab atas keputusannya, yang menghancurkan kemampuan planet kita untuk mendukung peradaban manusia,” lanjutnya.

"Ini adalah waktu paling kritis dalam sejarah umat manusia dan saya merasa saya harus melakukan semua yang saya bisa untuk membunyikan alarm," kata Pelaut Olimpiade Laura Baldwin, yang juga ambil bagian dalam protes itu.

Polisi Metropolitan mengatakan enam penangkapan karena gangguan kendaraan dilakukan sehubungan dengan aksi di Bayswater.

"Kami menghadiri Bayswater Road sekitar pukul 08.50 BST untuk menangani sejumlah pengunjuk rasa yang naik ke kapal tanker minyak. Kami telah melakukan enam penangkapan karena gangguan kendaraan. Jalan sekarang terbuka,” kata Polisi.

Tak lama setelah pukul 18:30 BST, Met memberlakukan bagian 14 (1) ketertiban umum pada kelompok yang memprotes di Marble Arch untuk membersihkan jalan pada pukul 18.00 BST.

Ini mencakup area dari gyratory Marble Arch, meliputi Park Lane, Oxford Street, Tyburn Way, Edgware Road, Bayswater Road dan Cumberland Gate. Beberapa orang ditahan oleh petugas beberapa saat setelahnya.

XR memberi tahu Guardian bahwa salah satu Olympians ditangkap pada Sabtu (16/4/2022) pagi. Kelompok itu mengatakan tindakan itu terjadi pada "hari gangguan terbesar sejauh ini", mengakhiri 10 hari protes di seluruh ibu kota.

Seorang juru bicara XR mengatakan, orang-orang yang ditangkap melakukan apa yang mereka rasa perlu, untuk menghadapi industri bahan bakar fosil yang mendorong bencana perubahan iklim.

Mereka adalah bagian dari momen yang kuat ketika lebih banyak orang mengambil bagian dalam perlawanan sipil untuk mengatakan bahwa kita tidak akan lagi mendukung kelambanan dan kebohongan pemerintah yang memprioritaskan kepentingan perusahaan daripada melindungi orang dari apa yang terjadi saat ini.

“Pemberontakan Kepunahan menyerukan kepada semua orang yang damai, penuh kasih dan bertekad untuk melangkah ke dalam pemberontakan dan perlawanan sekarang.”

Seorang juru bicara Shell mengatakan, perusahaan setuju masyarakat "perlu mengambil tindakan segera” terhadap perubahan iklim. Disebutkan, Shell memiliki target yang jelas untuk menjadi bisnis tanpa emisi bersih pada 2050, sejalan dengan masyarakat.

Pada Jumat (15/4/2022), pengunjuk rasa memblokir empat jembatan tersibuk di London dan awal pekan ini menghalangi pintu masuk ke pasar asuransi Lloyds of London.

The Guardian