Usulan Penghentian Pembiayaan Bahan Bakar Fosil Minim Dukungan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Perubahan Iklim

Kamis, 28 April 2022

Editor :

BETAHITA.ID - Usulan pemegang saham yang meminta bank untuk mengambil tindakan lebih keras terhadap perubahan iklim dengan mengakhiri kegiatan pembiayaan bahan bakar fosil baru gagal mendapatkan banyak dukungan pada pertemuan investor pada hari Selasa.

Investor di Citigroup (CN) dan Bank of America (BAC.N) memberikan sedikit dukungan untuk proposal yang pada dasarnya meminta bank untuk berhenti membiayai pasokan bahan bakar fosil baru, dengan kurang dari 13% saham di Citi dan kurang dari 11% saham di Bank Amerika mendukung proposal tersebut, menurut penghitungan awal yang diberikan oleh para pemimpin bank.

Investor Wells Fargo & Co (WFC.N) memberikan dukungan kurang dari 11% untuk proposal serupa yang meminta bank mengadopsi kebijakan serupa pada akhir 2022.

Resolusi pemegang saham telah diawasi ketat sebagai ujian bagaimana investor akan mempertimbangkan kekhawatiran iklim terhadap kenaikan harga energi.

Uap air mengepul dari cerobong asap di pabrik pembakaran Ivry-sur-Seine, dekat Paris, Prancis, 18 Desember 2019./Foto: REUTERS/Charles Platiau

Beberapa bank dan perusahaan asuransi lain akan segera menghadapi proposal pemegang saham serupa pada pertemuan tahunan mereka.

Heidi Welsh, direktur eksekutif Institut Investasi Berkelanjutan, yang melacak resolusi pemegang saham, mengatakan hasil kemungkinan mencerminkan ketidakstabilan saat ini di pasar energi dan tantangan aktivis dalam membujuk reksa dana besar untuk mendukung tujuan mereka.

"Ini (hasil) cukup rendah," katanya.

Perwakilan untuk manajer dana top BlackRock Inc (BLK.N) dan Vanguard Group menolak untuk mengatakan bagaimana mereka memberikan suara pada langkah-langkah tersebut, yang ditentang oleh bank. Ben Cushing, perwakilan dari Sierra Club, yang mensponsori beberapa proposal, mengatakan perusahaan besar mungkin ketakutan dengan kenaikan harga minyak.

"Narasi saat ini seputar pasar energi global mungkin sedang berada di kepala manajer investasi," katanya. Cushing mengatakan hasilnya layak untuk resolusi pertama yang meminta perubahan agresif.

Pada pertemuan, semua diadakan melalui webcast, investor membumbui direktur dan eksekutif bank dengan pertanyaan tentang berbagai kebijakan sosial dan lingkungan.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut mencerminkan pandangan yang dipegang teguh oleh aktivis lingkungan dan kemanusiaan, yang meminta bank untuk memperluas komitmen pro-lingkungan dan memeriksa kesetaraan ras di antara karyawan, dan sudut pandang yang condong ke Partai Republik, yang kritis terhadap pelukan Wall Street terhadap masalah lingkungan dan sosial.

Chief Executive Citigroup Jane Fraser diminta untuk membahas kebijakan baru yang mencakup biaya perjalanan bagi karyawan yang pergi ke luar negara bagian untuk melakukan aborsi guna menghindari pembatasan yang baru diberlakukan di Texas dan tempat-tempat lain.

"Kami tahu ini adalah subjek yang membuat orang merasa bersemangat. Saya ingin menjelaskan bahwa manfaat ini tidak dimaksudkan untuk menjadi pernyataan tentang masalah yang sangat sensitif," kata Fraser, menegaskan kembali bahwa bank telah lama mengganti biaya perjalanan karyawan untuk perawatan kesehatan.

Proposal pemegang saham Citi yang meminta laporan tentang efektivitas kebijakan bank tentang masalah kemanusiaan dan lingkungan, khususnya terkait dengan masyarakat adat, mendapat dukungan yang lumayan dengan sekitar 34% saham memberikan suara mendukung.

Tak satu pun dari proposal pemegang saham di Citi, Bank of America atau Wells menerima suara mayoritas.

Pemegang saham di masing-masing bank memberikan suara sangat besar untuk memilih semua direktur dan menyetujui paket kompensasi eksekutif 2021.

REUTERS