Larangan Ekspor CPO Indonesia Bikin India Kebingungan

Penulis : Raden Ariyo Wicaksono

Sawit

Minggu, 01 Mei 2022

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID - Larangan ekspor minyak sawit Indonesia yang lebih luas telah menjebak setidaknya 290.000 ton minyak nabati yang dimaksudkan untuk dikirim ke India di pelabuhan dan pabrik minyak di produsen utama dunia, empat pejabat industri mengatakan kepada Reuters, pada Kamis (28/4/2022) lalu.

Gangguan dalam pengiriman setelah Indonesia memperluas larangan ekspornya untuk memasukkan minyak mentah dan minyak sawit olahan akan menciptakan kekurangan minyak nabati di importir utama India, kata para pejabat. Eksportir terbesar kedua Malaysia sudah berjuang untuk memenuhi tingkat permintaan yang lebih tinggi dan meminta harga mendekati rekor untuk pengiriman cepat, kata mereka.

“Kapal kami yang berbobot 16.000 ton tertahan di pelabuhan Kumai di Indonesia,” kata Pradeep Chowdhry, direktur pelaksana Gemini Edibles & Fats India Pvt Ltd, yang membeli sekitar 30.000 ton minyak sawit Indonesia setiap bulan.

"Kami tidak tahu kapan Indonesia akan mencabut larangan itu, dan pengiriman yang macet akan dikirimkan."

Ilustrasi minyak goreng. Foto: setkab.go.id

India adalah importir minyak sawit terbesar di dunia dan bergantung pada Indonesia untuk hampir setengah dari 700.000 ton yang dibutuhkan setiap bulan.

Pembeli sekarang bergegas untuk melakukan pembelian dari Malaysia, tetapi Kuala Lumpur tidak dapat memenuhi permintaan, kata Sandeep Bajoria, kepala eksekutif Sunvin Group, sebuah perusahaan pialang dan konsultan minyak nabati.

Penjual Malaysia wajib memenuhi komitmen lama mereka dan tidak dapat menyediakan minyak sawit untuk pengiriman cepat, katanya.

Minyak kelapa sawit - digunakan dalam segala hal mulai dari kue dan lemak untuk menggoreng hingga kosmetik dan produk pembersih - menyumbang hampir 60% dari pengiriman minyak nabati global, dan produsen utama Indonesia menyumbang sekitar sepertiga dari semua ekspor minyak nabati.

India memenuhi hampir dua pertiga permintaan minyak nabatinya dari impor. New Delhi mengandalkan minyak sawit setelah pasokan minyak bunga matahari dari eksportir utama Ukraina dihentikan karena apa yang disebut Rusia sebagai "operasi khusus" di negara itu.

Minyak kelapa sawit diperdagangkan dengan diskon besar dibandingkan minyak kedelai dan minyak bunga matahari awal bulan ini, dan ini mendorong pembeli India untuk meningkatkan pembelian minyak kelapa sawit untuk pemuatan pada bulan Mei, kata seorang dealer yang berbasis di Mumbai dengan perusahaan perdagangan global.

"Jumlah itu sekarang tertahan karena langkah Indonesia yang mengejutkan," katanya.

Negara-negara Laut Hitam menyumbang 60% dari produksi minyak bunga matahari dunia dan 76% dari ekspor, sementara Indonesia dan Malaysia menyumbang sebagian besar pengiriman minyak sawit global. Argentina, Brasil, dan Amerika Serikat adalah pemasok utama minyak kedelai.

"Akan ada kekurangan di pasar. Tidak ada cara untuk meningkatkan pasokan," kata Govindbhai Patel, direktur pelaksana perusahaan perdagangan GG Patel & Nikhil Research Company.

Pasokan terbatas di tengah permintaan yang kuat bulan depan karena pernikahan dan festival dapat mengangkat harga di India, kata Patel.

REUTERS