Pemanasan Global Berisiko Kepunahan Massal Terbesar Satwa Laut

Penulis : Kennial Laia

Perubahan Iklim

Senin, 02 Mei 2022

Editor :

BETAHITA.ID -  Pemanasan global telah menyebabkan perubahan drastis pada lautan. Akibatnya, ilmuwan mengatakan terdapat risiko kepunahan massal spesies laut yang sangat masif. Jumlahnya melampaui yang pernah terjadi dalam sejarah Bumi selama puluhan juta tahun.

Menurut penelitian tersebut, percepatan perubahan iklim menyebabkan dampak mendalam pada ekosistem laut. Ini mendorong risiko kepunahan yang lebih tinggi. Kekayaan biologis laut pun dinilai lebih rendah dari yang pernah terlihat sebelumnya.

Suhu air laut dunia terus meningkat karena panas ekstra yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil, sementara tingkat oksigen di lautan turun dan air menjadi asam dari penyerapan karbon dioksida dari atmosfer.

Menurut ilmuwan, volume air laut yang kehabisan oksigen meningkat empat kali lipat sejak 1960-an. Hal ini berdampak buruk bagi satwa. Makhluk air seperti kerang, remis, dan udang, misalnya, tidak dapat membentuk cangkang dengan baik karena pengasaman air laut.

Terumbu karang adalah rumah bagi keanekaragaman hayati laut, sumber ekonomi penting, sekaligus sebagai pelindung alami masyarakat pesisir dari badai, gelombang, dan erosi. Foto: YKAN

Fenomena ini bisa menggiring planet ke dalam “kepunahan massal yang menyaingi yang terjadi di Bumi pada waktu lampau,” tulis para ilmuwan dalam studi yang terbit di Science.

Tekanan dari meningkatnya panas dan hilangnya oksigen, kata para peneliti, mengingatkan pada peristiwa kepunahan massal yang terjadi pada akhir periode Permian sekitar 250 juta tahun yang lalu. Bencana alam ini, yang dikenal sebagai "kematian hebat", menyebabkan kematian hingga 96% hewan laut di planet ini.

Bahkan, jika besarnya kehilangan spesies tidak pada tingkat yang sama seperti ini, mekanisme hilangnya spesies akan tetap sama,” kata Justin Penn, seorang ilmuwan iklim di Universitas Princeton yang ikut menulis penelitian baru tersebut.

“Masa depan kehidupan di lautan sangat bergantung pada apa yang kita putuskan untuk dilakukan dengan gas rumah kaca hari ini. Ada dua lautan yang sangat berbeda yang bisa kita lihat, satu tanpa banyak kehidupan yang kita lihat hari ini, tergantung pada apa yang kita lihat dengan emisi CO2 yang terus naik, jelasnya.

Menurut penelitian tersebut, tingkat kepunahan yang benar-benar dahsyat dapat terjadi jika dunia memancarkan gas pemanas planet dengan cara yang tidak terkendali, yang mengarah ke lebih dari 4C pemanasan rata-rata di atas masa pra-industri pada akhir abad ini. Ini akan memicu kepunahan yang akan membentuk kembali kehidupan laut selama beberapa abad lagi karena suhu terus meningkat.

Bahkan dalam skenario kasus yang lebih baik, dunia masih akan kehilangan sebagian besar kehidupan lautnya. Pada pemanasan 2C di atas norma pra-industri, sekitar 4% dari sekitar dua juta spesies di lautan akan musnah.

Ikan dan mamalia laut yang hidup di daerah kutub paling rentan. Ini karena mereka tidak akan dapat bermigrasi ke iklim yang lebih sejuk, berbeda dengan spesies tropis. “Mereka tidak akan punya tempat untuk pergi,” kata Penn.

Ancaman perubahan iklim memperkuat bahaya besar lainnya yang dihadapi oleh kehidupan air, seperti penangkapan ikan yang berlebihan dan polusi. Berdasarkan data International Union for Conservation of Nature (IUCN), antara 10% dan 15% spesies laut telah berisiko kepunahan karena berbagai ancaman ini.