Hutan Purba Ditemukan di dalam Lubang Raksasa di China

Penulis : Tim Betahita

Hutan

Sabtu, 21 Mei 2022

Editor : Raden Ariyo Wicaksono

BETAHITA.ID -  Sebuah hutan purba ditemukan di dasar lubang pembuangan raksasa di China. Para ilmuwan mengatakan bahwa pohonnya mencapai tinggi 40 meter, dan memiliki spesies tumbuhan dan hewan yang belum pernah diidentifikasi.

Penjelajah gua di wilayah Guangxi, Cina selatan menginformasikan para ilmuwan ketika mereka menemukan lubang pembuangan, yang memiliki hutan primitif di dalamnya. Ekosistem tersebut berada di antara 30 lubang pembuangan di Leye County (yang terbesar). Panjangnya 306 meter, lebar 150 meter, dan kedalaman 192 meter.

Zhang Yuanhai, insinyur senior di Institut Geologi Karst dari China Geological Survey mengatakan kepada kantor berita Xinhua bahwa situs tersebut memiliki tiga gua di dindingnya dan hutan primitif yang terpelihara dengan baik di dasarnya.

Para ilmuwan berjalan kaki selama berjam-jam untuk mencapai dasar lubang pembuangan untuk melihat isinya. Chen Lixin, yang memimpin tim ekspedisi, mengatakan bahwa selain pepohonan, ada semak belukar yang lebat di lantai yang mencapai bahunya.

Hutan purba ditemukan di selatan China. Ilmuwan meyakini terdapat spesies yang belum pernah diidentifikasi. Foto: Tim peneliti speleologi Guangxi 702

“Saya tidak akan terkejut jika ada spesies yang ditemukan di gua-gua ini yang belum pernah dilaporkan atau dijelaskan oleh sains sampai sekarang,” katanya.

Bentang alam yang dipenuhi lubang pembuangan dikenal sebagai bentang alam karst, yang terbentuk terutama oleh pelarutan batuan dasar oleh air tanah.

Ini berarti lubang dan gua yang dramatis tercipta di seluruh area. Namun, yang satu ini jarang terjadi karena dalam. Namun tetap berbentuk sehingga cukup menyaring cahaya, yang berarti pohon-pohon besar dapat tumbuh.